Siam Madu, Si Buah Jeruk Dari Tanah Karo Rasa Manisnya Memikat Hati

oleh -10 views
Jeruk Daysindo
Dok. Kementan

Panennews.com – Siam madu merupakan salah satu jenis jeruk yang keberadaannya cukup terbilang populer di Indonesia. Jeruk ini terkenal dengan cita rasa manis yang cenderung mirip dengan manisnya madu.

Pertumbuhan tanaman siam madu semakin optimal pada daerah tinggi. Pasalnya, jenis jeruk yang satu ini berasal dari salah satu daerah tinggi yaitu Tanah Karo, Sulawesi Utara.

Mengutip dari Badan Standarisasi Instrumen Pertanian, Kementerian Pertanian RI. Tanaman jeruk siam madu tumbuh dengan baik pada dataran tinggi, namun siam madu juga tumbuh baik pada dataran rendah.

Baca Juga :   Jemur Tanaman Bonsai, Jadi Ajang Petani Untuk Melestarikan Alam

Lebih lanjut, produktivitas setiap pohon pada dataran tinggi menunjukkan hasil yang baik. Dengan jumlah buahnya berkisar antara 50 – 70 kilogram dalam setiap panennya.

Meski begitu, pohon jeruk siam madu ini pun juga menunjukkan trend yang cukup positif pada dataran rendah. Ia bisa menghasilkan buah jeruk pada dataran rendah hingga mencapai 30 – 50 kilogram setiap panennya.

Secara morfologi, buah jeruk siam madu ini memiliki kulit berwarna oranye cenderung kuning. Bentuk buahnya bulat dengan permukaan depannya bertekstur lunak jika ditekan dengan maksimal.

Baca Juga :   Manfaat Tanaman Senggugu, Atasi Sesak Nafas Hingga Rematik

Lebih jauh, satu hal yang membuatnya istimewa yaitu rasanya manis seperti madu jika buah tersebut memasuki masa kematangannya yang optimal.

Dengan rasa manis yang cenderung memikat dan membuatnya istimewa, jeruk asal Tanah Karo Sulawesi Utara ini makin banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan, jeruk ini tengah laris pada pasar dalam hingga luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.