Paus Tombak, Biota Laut Yang Populasinya Terdapat Diseluruh Dunia

oleh -5 views
Whale jumping
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Paus tombak merupakan salah satu biota laut yang termasuk ke dalam spesies dilindungi. Keberadaan jenis biota laut ini tergolong cukup kuat hampir menghiasi seluruh lautan dunia.

Paus tombak memiliki nama Ilmiah Balaenoptera Acutorostrata yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Balaenopteridae. Status populasi paus ini biasanya cukup banyak ditemukan.

Secara morfologi, paus tombak memiliki moncong yang cenderung tajam dengan dilengkapi bagian mulut yang lebar. Adapun bentuk tubuh paus tombak ini bulat cenderung memanjang.

Lebih lanjut, tubuh paus itu sendiri biasanya memiliki ukuran panjang hingga mencapai kisaran antara 10,2 meter terdapat pada jenis jantannya. Sedangkan jenis betinanya bisa mencapai kisaran 8,0 meter.

Baca Juga :   Jaga Ekosistem Laut, KKP Dorong Sertifikasi Pembenihan Ikan

Selain itu, pada ukuran panjang tersebut juga paus ini mempunyai bobot maksimal berkisar antara 10.000 kilogram. Namun, kebanyakan paus ini hanya memiliki bobot hingga mencapai kisaran 5.000 kilogram saja.

Adapun warna paus tersebut biasanya berwarna gelap pada bagian bawahnya, sedangkan bagian depan paus tersebut biasanya dilengkapi warna silver cenderung kebiruan yang sangat cerah dan terang.

Sementara itu, paus tombak ini dapat berkembang biak secara cepat dengan melakukan penjajahan individu atau pun berkelompok. Biasanya pengelompokan paus ini dapat berkisar antara 1000 spesies.

Baca Juga :   Indonesia Ajak Negara Asean Jaga Kesehatan Laut Dengan Ekonomi Biru

Uniknya, dibarengi dengan cara berkembang biaknya yang cukup cepat. Paus tombak ini dapat kita temukan spesiesnya pada habitat area teluk, muara, hingga mencapai dasar laut hingga kedalaman ribuan meter.

Di samping itu, mereka pun juga sangat cocok untuk hidup pada area mana saja. Mengingat, jenis paus tersebut memiliki sifat mudah beradaptasi pada lingkungan sekitarnya.

Tak hanya itu, distribusi hingga keberadaan paus ini juga cenderung banyak. Oleh sebab itu, populasi paus tombak ini kita jumpai keberadaannya hampir menghiasi seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.