Pastikan Ternak Sehat, Pemprov DKI Periksa Ribuan Hewan Kurban

oleh -11 views
VaksinasiMassalYogya
Foto : Ditjen PKH

Panennews.com – Sejak 13 hingga 20 Mei 2024, jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur sudah memeriksa kesehatan 2.091 hewan kurban yang tersebar di 22 lokasi penampungan.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Theresia Ellita mengatakan, untuk lakukan pemeriksaan, setiap hari pihaknya mengerahkan 25 personel. Mereka disebar ke lokasi penampungan di 10 wilayah kecamatan.

“Sampai saat ini sudah ada 2.091 hewan kurban yang diperiksa dari 22 lokasi penampungan. Angka ini akan terus bertambah hingga jelang H-1 Idul Adha,” kata Ellita, Selasa (21/05/2024).

Baca Juga :   Komoditas Peternakan Untuk Natal Dan Tahun Baru, Kementan : Ketersediaan Aman

Menurutnya, pemeriksaan hewan kurban ini masih bersifat sporadik sesuai dari laporan masyarakat. Namun untuk pemeriksaan secara intens baru akan dilakukan mulai pekan depan dengan menurunkan 45 personel setiap harinya.

Disebutkan, pihaknya juga masih akan terus mendata dan menghimpun lokasi penampungan hewan kurban untuk didatangi dan diperiksa hewan kurbannya.

Ellita menegaskan, pihaknya akan menyiapkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) jika yang diperiksanya dalam kondisi sehat. Selain itu juga akan meminta SKKH dari daerah asal hewan kurban tersebut pada para penjualnya.

Baca Juga :   Ratusan Kucing Disterilisasi Dan Vaksin, Upaya Pulau Kelapa Cegah Rabies

Sementara itu, Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar menegaskan, pemeriksaan hewan kurban ini harus dilakukan setiap hari agar merata. Pihaknya juga berjanji akan turun langsung ke lapangan memeriksa hewan kurban tersebut.

“Pastikan hewan kurban yang masuk ke Jakarta Tmur ini sehat dan layak untuk dikonsumsi masyarakat,” tukas Anwar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.