Kementan Kucurkan Ratusan Pompa Air Ke Petani Di Kabupaten Blora

oleh -5 views
bantuan-pompa-air
Foto : Dok. Pemprov Jateng

Panennews.com – Sebanyak 164 kelompok tani di Kabupaten Blora menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), berupa pompa air dari Kementerian Pertanian RI.

Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan. Dia berharap, dengan bantuan tersebut, dapat bermanfaat bagi masyarakat Blora.

Sebab, di Blora hanya sekitar lima kecamatan yang sumber airnya tersedia. Sedangkan wilayah lainnya masih perlu usaha lebih, untuk mendapatkan air.

“Pompa ini tentunya bisa kita manfaatkan, karena kalau kita bertani, yang dibutuhkan adalah air. Semoga dengan pompa ini bisa kita manfaatkan menyedot air, untuk mengairi lahan pertanian kita,” tutur bupati, di Blora, Senin (27/05/2024).

Baca Juga :   Dorong Produktivitas Ikan, KKP Terus Optimalkan Mesin Teknologi SFV

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Supriyanto berharap, bantuan pompa tersebut bisa meningkatkan produksi pertanian.

Karenanya, dia meminta kepada para penerima bantuan supaya bisa merawat dan memanfaatkan bantuan pompa air tersebut dengan baik.

“Jawa Tengah mendapatkan alokasi 4 ribu unit pompa yang pengirimannya dalam proses. Semoga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan produksi pangan di Jawa Tengah,” jelasnya.

Lebih jauh, Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartarto, mengaku siap mengawal program dari Kementan, dengan membantu para petani yang ada di Kabupaten Blora.

“TNI, khususnya Kodim pada intinya membantu petani dalam hal pendampingan dan pengawalan, mulai dari awal sampai akhir,” jelasnya.

Baca Juga :   Kurangi Pemanasan Global, PT SKM Luncurkan Aplikasi J-Lantah Bisa Jadi Solusi Minyak Bekas Pakai

Penerima bantuan dari Kelompok Tani Krido Mulyo Desa Patalan Kunarto, menyambut baik adanya bantuan pompa air tersebut. Menurutnya, dengan bantuan pompa air tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh para petani.

“Alhamdulillah, pemerintah memperhatikan para petani Blora. Dulu kendalanya pompa terbatas, jadi petani kalau mau mengairi harus antre nunggu. Kalau ada bantuan pompa ini, para petani yang mau mengairi lahannya bisa semakin terbantu,” ungkapnya.

Sebagai informasi, bantuan pompa air tersebut, terdiri dari 96 pompa air ukuran 3 inci dan 68 pompa air ukuran 4 inci. Ini merupakan tahap pertama dari usulan calon petani calon lokasi (CPCL), yang pernah dimasukkan ke Kementerian Pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.