Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban Di Kulon Progo Terpantau Aman

oleh -5 views
Hewan Sapi
Ilustrasi Hewan Sapi - Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Penjabat (Pj.) Bupati Kulon Progo Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY pantau kesiapan pelaksanaan kurban Idul adha 1445 H di Pasar Hewan Pengasih.

Siwi dalam pantauannya menyampaikan saat ini mulai ada peningkatan permintaan hewan kurban dari masyarakat. Khususnya di Pasar Hewan Pengasih.

“Seperti saat ini pun sudah mulai ada peningkatan aktivitas di Pasar Hewan Pengasih, yang buka tiap hari pasaran Legi dan Wage,” kata Siwi, di Kulon Progo, Kamis (30/05/2024).

Menindaklanjuti hal tersebut, Siwi mengatakan Pemkab Kulon Progo melalui instansi terkait akan terus memastikan keamanan kondisi hewan ternak untuk kurban sehingga nantinya dapat aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Baca Juga :   KLHK Lepasliarkan Orangutan Di Taman Nasional Pontianak

Dikatakan Siwi, pendampingan ke para pedagang hewan ternak akan terus dilakukan, guna memastikan kualitas hewan yang dijual. Pemeriksaan dan pemantauan kesehatan hewan pun mulai digencarkan.

“Yang pasti kami harus melindungi kondisi ternak dan juga masyarakat yang mengonsumsinya,” kata Siwi.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA), Sekretariat Daerah DIY, Yuna Pancawati mengatakan dari hasil pemantauan, dapat dipastikan ketersediaan hewan ternak untuk kurban mencukupi di semua kabupaten/kota DIY, termasuk Kulon Progo.

“Kami sudah memantau kondisi di Bantul dan Gunungkidul, dan hari ini di Kulon Progo,” kata Yuna.

Baca Juga :   Dijamin Ampuh, Begini Tips Memotong Cakar Kucing Yang Rewel

Meskipun demikian, Yuna menyampaikan saat ini juga sudah terjadi peningkatan permintaan hewan kurban yang berdampak pada kenaikan harga, meskipun masih belum terlalu signifikan.

“Misalnya sapi di Kulon Progo kisarannya antara Rp 22 juta sampai Rp 25 juta, kambing antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta,” ujar Yuna.

Selain ketersediaannya, Yuna juga memastikan kualitas hewan kurban di DIY aman untuk dikonsumsi. Sebab pemantauan ketat dilakukan mulai dari lalu lintas ternak masuk dan keluar DIY hingga pengecekan kesehatan hewan secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.