Harga TBS Sawit Di Aceh Terus Merosot Capai Rp1,700 Per-Kilogram

oleh -7 views
Kelapa Sawit
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Aceh Tamiang dilaporkan terus merosot pada medio Mei 2024.

Turunnya harga TBS ini sudah terjadi beberapa kali baik di tingkat petani, agen pengepul bahkan pabrik.

“Saat ini harga TBS di wilayah pesisir rata-rata Rp1.700-Rp1.800 per kilogram. Harga ini sudah bertahan sejak sepekan terakhir,” kata Adi Syahputra, petani Desa Balai, Kecamatan Sungai Iyu, Rabu (22/05/2024).

Menurut Adi, harga TBS di wilayah pesisir Sungai Iyu pada medio Maret-April 2024 nyaris tembus Rp2.000/kg. Memasuki bulan Mei 2024 harga TBS berangsur turun tipis.

“Memang turun harganya dikit-dikit tidak sampai anjlok. Saat ini kami bersyukur haraga TBS masih di atas Rp1.500 per kilogram,” ujarnya.

Hal senada dikatakan, Samuri, salah satu agen TBS sawit di wilayah hulu Aceh Tamiang. Dia menyatakan, harga jual TBS di pabrik kelapa sawit (PKS) terus merosot sejak sepekan terakhir.

Baca Juga :   Tak Hanya Sidak, Komisi VI Minta Perkuat Koordinasi Lembaga Atasi Kenaikan Harga Bapok

“Iya, harga TBS di pabrik turun dari Rp2.000 lebih jadi Rp1.950 per kilogram,” kata Samuri.

Sebagai pemilik Ram TBS skala besar di wilayah Tenggulun dan Bandar Pusaka, Samuri tetap membeli TBS dari petani dengan harga tertinggi tidak jauh beda dari harga PKS. Menurut dia saat ini rata-rata harga tolak TBS di tingkat pabrik memang sedang mengalami penurunan.

“Walaupun di PKS turun, kalau harga kita sesuaikan saja, terkadang kalau buah bagus kita beli sama dengan harga pabrik kita buat,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Perkebunan Distanakbun Aceh Tamiang, Edwar Fadli Yukti saat dikonfirmasi Rakyat Aceh mengatakan, untuk pekan ini laporan penetapan harga TBS dari dinas perkebunan provinsi Aceh belum masuk ke dinas kabupaten.

Baca Juga :   Komisi V Minta Percepat Proyek Infrastruktur Di Sektor Pertanian

Namun berdasarkan daftar harga pembelian TBS di PKS wilayah Aceh Tamiang pada 17 Mei 2024 harganya bervariasi.

Sementara harga jual TBS tertinggi dari 12 PKS yang ada di Aceh Tamiang yaitu di PKS Mora Niaga Jaya berkisar Rp1.880 hingga Rp2.380/kg untuk petani atau perkebunan mitra.

Disusul PKS Pati Sari, Parasawita, Sisirau, Betami, Bumi Tamiang Sentosa, Tri Agro Palma Tamiang, PTPN 1 Unit Pulau Tiga dan PTPN 1 Tanjung Seumantoh dengan harga bervariasi dari Rp1.990-Rp2.220/kg.

Terdapat dua industri pabrik off tidak beroperasi yakni PKS Bumi Sama Ganda dan Bima Desa Sawita. Sedangkan khusus PKS Socfindo Sungai Liput tidak menerima buah sawit dari luar.

“Pekan lalu harga tingkat petani swadaya dilaporkan Rp 1.750 per kilogram, dan harga tingkat pengumpul (agen) Rp1.950 per kilogram,” kata Edwar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.