Bisa Gagal Panen, Waspadai Hama Ini Sering Menyerang Tanaman Semangka

oleh -13 views
Semangka
Foto : istockphoto

Panennews.com – Berbagai hama yang menyerang tanaman semangka tentunya bisa merusak dan menyebabkan penurunan produktivitas. Terlebih, hama ini dapat menyebabkan semangka gagal panen.

Ada sejumlah hama yang biasanya menyerang tanaman semangka, hama ini patut kita waspadai karena bisa merusak tatanan produksi semangka. Adapun jenis hama tanaman semangka tersebut antara lain.

Kutu Daun

Hama ini paling umum menyerang tanaman buah, termasuk juga tanaman semangka. Biasanya hama ini menyerang pada bagian daun sehingga daun itu bisa kering hingga menyebabkan kematian. Dampak buruknya, daun akan kehilangan produktivitas hingga menyebabkan seluruh tanaman mati dan gagal berbuah.

Baca Juga :   Belimbing, Ikon Buah Tropis di Indonesia

Ulat Tanah

Biasanya ulat tanah dapat menyerang pada bagian akar tanaman semangka, sehingga akar tanaman itu tengah terpotong dan tentunya berdampak tanaman tidak tumbuh. Selain itu, hama ini juga bisa menyebar pada bagian batangnya. Tanaman semangka yang terserang hama ini biasanya menyebabkan penurunan produktivitas hingga gagal panen. Oleh sebab itu, hama ini patut diwaspadai.

Antraksnosa

Hama ini umumnya menyerang buah semangka yang siap akan dipanen, biasanya hama ini disebabkan karena virus bakteri paktogen pada tanaman itu sendiri. Gejalanya yaitu munculnya bercak putih hingga hitam pada permukaan buah semangka. Biasanya kemunculan bercak hitam atau pun putih ini dapat menyebabkan buah semangka menjadi busuk, sehingga hama ini patut juga kita waspadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.