Begini Cara Mudah Mengatasi Hama Bercak Kuning Pada Tanaman Tebu

oleh -5 views
tebu-1
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Bercak kuning merupakan salah satu hama atau pun penyakit yang kerap menyerang tanaman tebu. Biasanya bercak kuning ini dapat menyerang tebu pada bagian daun hingga ujung tangkainya.

Hama ini biasanya disebabkan oleh kondisi cuaca yang terlalu lembab. Adapun itu dengan intensitas suhu mencapai kisaran antara 20 – 25 derajat celcius.

Tanaman tebu yang terserang hama ini biasanya memiliki usia lebih dari 5 bulan dari masa tanam. Pasalnya, tanaman dengan usia tersebut lebih rentan terhadap serangan jenis hama.

Adapun gejala yang ditimbulkan dari hama bercak kuning ini biasanya daun akan menjadi kuning dan menyebabkan daun tersebut kuning. Lebih parahnya lagi, tanaman tebu akan kehilangan produktivitasnya.

Baca Juga :   Bunga Krisan Sering Layu, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Agar tidak terjadi hal demikian, cara mengatasi hama bercak kuning pada tanaman tebu cukup terbilang mudah. Salah satunya yaitu dengan menyiramkan tanaman tebu secara teratur.

Gunakanlah air yang bersih dalam menyirami tanaman tersebut, hal ini agar tanaman tebu kembali segar. Sehingga tanaman tebu akan lebih sehat dan hama bercak kuning segera teratasi.

Selain itu, jagalah juga selalu kelembaban tanaman tebu dengan cara menghitung suhu pada lingkungan media tanam tebu. Kelembaban suhu harus normal, mengingat penyebab hama ini karena suhu yang terlalu dingin.

Baca Juga :   Bisa Untung Dobel Budidaya Buah Naga Merah

Dengan demikian, menjaga suhu agar tetap stabil dan tidak terlalu lembab merupakan salah satu cara mudah mengatasi hama ini. Dengan cara tersebut, nantinya hama bercak kuning akan mudah hilang.

Tak hanya itu, berikan juga pupuk dan vitamin tambahan agar produktivitas tanaman tebu tetap terjaga. Mengingat, pupuk merupakan komponen penting dalam menjaga tanaman agar tidak terserang hama.

Lebih jauh, biasanya pemberian pupuk pada tanaman tebu ini dapat dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan 1 kali. Dengan demikian, hama tersebut akan hilang karena kandungan gizi yang ada dalam pupuk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.