Barantin Tawarkan Potensi Buah Nanas Indonesia Ke Pasar Uni Eropa

oleh -13 views
Ilustrasi Nanas Foto pinterest
Ilustrasi Nanas - Foto : pinterest

Panennews.com – Badan Karantina Indonesia (Barantin) menawarkan potensi buah asal Indonesia seperti nanas untuk bisa masuk ke pasar ekspor Uni Eropa.

Hal tersebut disampaikan oleh Antarjo Dikin, Pejabat Fungsional Ahli Utama Badan Karantina Indonesia dan juga selaku Ketua Delegasi RI dalam pertemuan bilateral dengan delegasi negara anggota Uni Eropa dengan Martin Mitov-Deputy Head of Trade and Economic Section, Kedutaan Besar Uni Eropa di Indonesia selaku Ketua Delegasi Uni Eropa, Selasa (21/05/2024).

“Beberapa komoditas asal Indonesia banyak yang memiliki potensi untuk ekspor. Kami berharap melalui pertemuan ini Indonesia bisa mendapat akses pasar ke Uni Eropa,” ungkap Antarjo.

Baca Juga :   Kepulauan Seribu Panen 1 Kwintal Cabai Di Pulau Tidung

Pada pertemuan tersebut, delegasi negara-negara Uni Eropa seperti Belanda, Belgia, Denmark, Jerman, Perancis, Polandia, dan Spanyol juga menyampaikan isu-isu yang dihadapi terkait permohonan akses pasar buah-buahan dan sayuran seperti apel, bluberi, jeruk, lemon, pir, sawi putih hingga sayuran beku ke Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Antarjo menyampaikan bahwa saat ini Barantin tengah melakukan proses AROPT (Analisis Risiko Organisme Pengganggu Tumbuhan).

“Saat ini, Barantin tengah melakukan proses AROPT (Analisis Risiko Organisme Pengganggu Tumbuhan) untuk akses pasar buah-buahan dan sayuran dari Uni Eropa,” jelasnya.

Baca Juga :   Sinergi Lintas Sektor, Tingkatkan Produksi Komoditas Pertanian

Melalui pertemuan tersebut, baik Barantin maupun Delegasi Uni Eropa sepakat untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam memenuhi prosedur lalu lintas buah-buahan antara kedua pihak, termasuk berbagai isu terkait Pengakuan Sistem Keamanan PSAT dan proses AROPT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.