Selain Punya Keunggulan, Kambing Etawa Juga Punya Kekurangan

oleh -10 views
Ilustrasi Kambing Etawa
Ilustrasi Kambing Etawa - Foto : Pinterest

Panennews.com – Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing yang cukup populer dipelihara hingga diternak oleh banyaknya kalangan masyarakat.

Pasalnya, jenis kambing ini nyaris memiliki banyak keunggulan sehingga banyak orang memeliharanya. Di samping itu, jenis kambing tersebut pun juga memiliki kekurangan yang jarang sekali orang mengetahuinya.

Adapun kekurangan kambing yang merupakan hasil persilangan dari kambing lokal ini yaitu salah satunya memiliki tubuh yang relatif kurus, jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

Pada umumnya, beragam jenis kambing memiliki tubuh yang relatif gemuk dengan kisaran bobotnya hingga mencapai berkisar antara 50 kilogram.

Baca Juga :   Burung Cendet, Si Pemangsa Bersuara Unik

Namun, jenis kambing etawa ini hanya memiliki bobot hanya berkisar 35 – 40 kilogram. Dengan demikian, ini merupakan salah satu kekurangan dari jenis kambing penghasil susu ini.

Selain itu, kekurangannya juga terletak pada daging kambing etawa yang cenderung sedikit. Berdasarkan jenis kambing lainnya, jenis kambing etawa ini hanya memiliki daging tipis sehingga bisa terbilang sedikit.

Dengan begitu, ini juga merupakan salah satu kekurangan kambing etawa. Meski begitu, jenis kambing ini tentunya bisa menghasilkan susu dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca Juga :   Ngaku Pecinta Burung? Yuk Kepoin Juga Si Cantik Kenari

Lebih lanjut, kambing etawa juga memiliki tingkat reproduksi yang cenderung rendah jika dibandingkan dengan berbagai jenis hewan kambing ternak lainnya.

Tingkat reproduksi yang cukup rendah, biasanya akan memerlukan usaha ekstra dalam menghasilkan keturunan yang cukup banyak. Dengan begitu, ini juga merupakan kekurangan dari kambing etawa.

Lebih jauh, kekurangan dari kambing etawa juga memiliki biaya perawatan yang cukup tinggi. Terutama dalam hal pakan yang berkualitas, serta juga dalam pemeliharaannya yang sangat intensif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.