Program Pompanisasi Kementan, Bantu Pengairan Sawah Petani

oleh -8 views
Pertanian
Foto : Freepik

Panennews.com – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman didampingi Plh Bupati Sumedang Tuti Ruswati mengunjungi Desa Marongge Kecamatan Tomo, Jumat (05/04/2024).

Adapun maksud kedatangan Mentan Andi untuk mengecek program Pompanisasi dan Olah Tanah di Desa Marongge.

Dalam kesempatan itu Mentan melihat langsung proses pengairan persawahan menggunakan pompa air, dimana airnya disedot langsung dari Sungai Cilutung.

“Saya lihat tadi pompanya sudah berjalan dengan baik mengairi sawah para petani. Insya Allah di Jawa Barat ini kami siap mengairi 300 ribu hektar,” kata Mentan Andi.

Baca Juga :   Selain Jateng, Jatim Juga Panen Raya Padi Dengan Produktivitas Tinggi

Dikatakan, potensi sawah di Jawa Barat seluas 343 ribu hektar. Maka jika 300 ribu hektar bisa diairi, maka akan meningkatkan produktivitas padi hingga 200 persen, dan nilainya mencapai Rp 15 triliun.

“Untuk satu Pompanisasi ini bisa mengairi sampai 100 hektar. Bisa dibayangkan kalau Rp 15 triliun ini bergerak maka akan ada multiflayer efek, ekonomi di tingkat desa bergerak,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang, Sajidin mengatakan, dalam kesempatan itu Mentan Andi mengunjungi 2 titik Pompanisasi, untuk dua poktan di Desa Marongge, yakni Potan Gumilang seluas 25 hektar sawah, dan Poktan Tunas Harapan seluas 26,7 hektar.

Baca Juga :   Kunker Pengujung Tahun 2021 di Enrekang, Mentan SYL Dorong Tiga Komoditas Ini Dikembangkan

“Kalau usulan banyak, malah Pak Mentan menawarkan untuk segera mengajukan usulan untuk tambahan, dan akan kami tindaklanjuti dan mudah-mudahan bisa direalisasikan,” ucapnya.

Lebih jauh, salah seorang petani Desa Marongge, Kasjan mengaku terbantu dengan adanya program Pompanisasi dan Olah Tanah tersebut.

“Biasanya setahun hanya bisa dua kali nanam, tapi sekarang ada pompa biss jadi tiga kali setahun, nanti digunakannya saat kemarau, karena biasanya susah air,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.