Penyebab Tanaman Kopi Gagal Berbunga, Begini Cara Mengatasinya

oleh -7 views
Ilustrasi Biji Kopi
Foto : Pixabay

Panennews.com – Peminat kopi yang semakin tinggi, membuat komoditas perkebunan ini tengah banyak dibudidayakan. Oleh sebab itu, sebagian masyarakat tengah menanamnya.

Dalam menanam kopi, tentu ada halangan serta rintangan salah satunya tanaman kopi gagal berbunga. Hal ini bukan lah tanpa sebab, melainkan ada beberapa penyebabnya.

Adapun penyebab tanaman kopi gagal berbunga salah satunya yaitu faktor perubahan iklim dengan intensitas curah hujan cenderung tinggi. Umumnya, curah hujan yang cukup memadai untuk tanaman kopi biasanya 2000 mm.

Jumlah curah hujan yang tinggi tersebut, bisa menyebabkan kegagalan pada pertumbuhan hingga produktivitas tanaman kopi.

Baca Juga :   Ternyata Ini Jenis Pupuk Terbaik Untuk Tanaman Sirih Gading

Dampak buruknya, tanaman kopi gagal berbunga sehingga hal tersebut bisa menyebabkan tanaman kopi gagal panen. Cara mengatasinya yaitu dengan mengantisipasi media tanam kopi pada curah hujan yang normal.

Dengan melakukan dan mengantisipasi media tanam kopi pada curah hujan normal. Tentunya tanaman kopi akan terjaga produktivitasnya, sehingga ke depannya tanaman kopi tersebut memiliki bunga yang lebat.

Selain itu, serangan hama serta penyakit juga bisa jadi penyebab tanaman kopi gagal berbunga. Pasalnya, tanaman kopi yang terserang hama tentunya akan rusak pada seluruh bagiannya.

Baca Juga :   Kebun Teh Lawang Jadi Ikon Agrowisata Jawa Timur

Adapun dampak buruknya, tanaman kopi kehilangan produktivitasnya termasuk juga gagal dalam memiliki bunganya. Lebih parahnya lagi, tanaman kopi juga akan cepat mati lantaran serangan hama tersebut.

Sementara cara mengatasinya yaitu dengan melakukan penyemprotan pestisida secara berkala. Hal ini, untuk mempersempit pergerakan hama serta membunuh hama pada tanaman kopi.

Dengan begitu, tanaman kopi nantinya akan tumbuh secara optimal. Terlebih, jika tidak terserang hama penyakit tanaman kopi ini dapat di percayai akan tumbuh bunga yang cenderung lebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.