Jarang Yang Tahu, Begini Teknik Tepat Pemupukan Tanaman Salak

oleh -7 views
Buah Salak
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pemberian pupuk pada tanaman buah salak merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, pupuk dapat merangsang produktivitas tanaman agar tumbuh secara baik dan juga subur.

Oleh sebab itu, maka diperlukan teknik yang tepat dalam melakukan pemupukan tanaman salak. Adapun teknik ini jarang sekali orang mengetahuinya.

Sebelum melakukan pemupukan pada tanaman salak, ada baiknya kita pilih terlebih dahulu jenis pupuk apa saja yang baik. Biasanya pupuk yang baik untuk tanaman buah meliputi pupuk kandang, kompos, hingga pupuk NPK.

Adapun keseluruhan jenis pupuk itu mengandung senyawa unsur hara yang dapat memperbaiki struktur tanah pada media tanam pohon salak. Di samping itu, jenis pupuk itu juga terdapat senyawa nutrisi berupa fosfor dan kalium.

Baca Juga :   Blusukan 11 Provinsi, Mentan Amran Usulkan Tambahan Pupuk Subsidi

Lebih lanjut, senyawa nutrisi fosfor dan kalium yang terdapat dalam pupuk sangat bermanfaat bagi produktivitas tanaman salak. Terlebih lagi, senyawa itu pun juga dapat merangsang tanaman agar berbuah dengan lebat.

Selain itu, dalam teknik pemberian pupuk untuk tanaman salak juga tidak boleh diberikan dalam kurun waktu yang mepet. Lebih bagusnya, tanaman salak ini dapat diberikan pupuk dengan intensitas waktu 1 bulan 1 kali.

Pasalnya, pemberian pupuk 1 bulan 1 kali tentunya dapat memberikan waktu bagi pupuk tersebut menyerap lebih dalam hingga ke seluruh bagian permukaan tanaman. Baik batang hingga ke bagian akar bawahnya.

Baca Juga :   Kembang Sungsang, Tanaman Hias Yang Populer Untuk Pengobatan

Sementara itu, dosis pemupukan tanaman salak biasanya diberlakukan antara 1:1 dengan takaran sesuai dengan petunjuk pada bagian bungkus pupuk. Adapun takaran 1:1 tentunya sudah cukup potensial bagi pertumbuhannya.

Oleh sebab itu, dengan cara dan teknik pemupukan tersebut. Biasanya tanaman salak akan tumbuh secara subur, berproduktivitas baik, hingga nantinya bisa menghasilkan buah dalam jumlah yang cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.