Harga Tembakau Naik, Sejahterakan Petani Di Kabupaten Lamongan

oleh -36 views
Ilustrasi Tanaman Tembakau
Ilustrasi Tanaman Tembakau - Foto : Pixabay/12019

Panennews.com – Harga tembakau terus naik pada panen tahun 2024 ini. Meski, harga tembakau ini tadinya cukup melemah.

Hal itu, dituturkan oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) Kabupaten Lamongan Mohammad Wahyud , saat ini harga per Kg nya capai 51 ribu sampai dengan 54 ribu.

“Alhamdulillah petani tembakau kita mengalami kenaikan harga saat panen, saat ini harga tembakau capai 50 ribu sampai dengan 54 ribu. Dan harga tersebut bersifat merata di seluruh wilayah Lamongan,” tutur Wahyudi saat menyambaikan sambutan di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Selasa (16/04/2024).

Baca Juga :   Penuhi Pasar Ekspor, Wamentan Tinjau Varietas Tanaman Jeruk Di Jawa Timur

Selain itu, Wahyudi juga mengatakan bahwa bulan Oktober 2023 – April 2024 ini merupakan masa akhir panen tembakau untuk semua varietas yang ada di Lamongan meliputi varietas Jawa Manilo, Jawa Jinten, dan Virginia.

“Saat ini sudah pada tahap panen daun pucuk, namun hal tersebut tidak mempengaruhi tingginya harga tembakau,” katanya.

Selain harga jual yang tergolong tinggi, luas tanam tembakau juga terus bertambah. Terhitung hingga Juli lalu terdapat 7.490 hektar tembakau, dan data terakhir menunjukkan angka 8.337 hektar tembakau di Kabupaten Lamongan.

Baca Juga :   Akademisi Optimis Program Kementan Dorong Enterpreuner dan Akselerasi Ekspor

“Selain harga jual yang tinggi, tahun ini juga mengalami peningkatan luas tanam tembakau Lamongan meningkat 50%, jika dibandingkan tahun 2022,” ungkap Wahyudi.

Pada pungkasnya, Wahyudi mengatakan tingginya nilai jual tembakau tentu akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan petani tembakau, terutama di 8 kecamatan yang menjadi daerah penghasil tembakau terbanyak di Kota Soto yaitu Kecamatan Ngimbang, Mantup, Sambeng, Sukorame, Bluluk, Modo, Kedungpring, dan Sugiyo.

“Naiknya nilai tembakau tentunya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani tembakau, khususnya pada Kabupaten Lamongan ini” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.