April 2024, Sejumlah Daerah Di Sumedang Masuk Musim Panen Padi

oleh -9 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang Sumedang mencatat memasuki bulan April 2024, sejumlah daerah di Sumedang masuk musim panen padi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang Sajidin mengatakan, musim panen di April sesuai dengan target DPKP Sumedang.

Terlebih, musim panen ini nantinya akan memenuhi kebutuhan stok beras di Sumedang hingga daerah pada sekitarnya.

“Sebelumnya musim tanam diilakukan pada bulan Desember 2023 dan sebagian Januari 2024 jadi perhitungannya panen pada bulan April,” jelas Sajidin, Senin (15/04/2024).

Baca Juga :   Panen Raya Padi, NTB Belum Masuk Beras Impor

Dijelaskan Sajidin dengan telah masuknya masa panen maka diharapkan produksi padi di Kabupaten Sumedang dapat segera meningkat yang pada gilirannya dapat mengembalikan harga beras dalam kondisi normal.

Untuk musim tanam, Sumedang memang memgalami pengunduran hal ini tidak terlepas dari dampak El Nino yang juga turut menyerang Sumedang.

“Akibat El Nino ketersedian air berkurang sehingga kami baru bisa melakukan tanam pada bulan Desember dan sebagian Januari 2024,” jelas Sajidin.

Sementara itu, untuk lebih meningkatkan produksi gabah untuk musim tanam ini rencananya akan dipercepat dan penyaluran subsidi pupuk tentunya harus lah tepat.

Baca Juga :   Petani Senang, Tanaman Vanili Gunung Sumbing Punya Harga Jual Mahal

“Hal ini sesuai arahan pemerintah pusat sehingga diharapkan petani juga lebih cepat dalam mengolah lahannya begitu selesai panen,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.