Agar Wanginya Awet, Begini Tips Mudah Menyimpan Kayu Manis

oleh -16 views
spices-3315561_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Indonesia kaya akan berbagai variasi rempah-rempah, salah satunya yaitu kayu manis. Jenis rempah tersebut cukup populer sebagai bumbu atau bahan campuran masakan.

Memiliki aroma serta wanginya yang khas, menjadikan kayu manis semakin terkenal oleh masyarakat. Namun, sebagian masyarakat belum begitu mengetahui bagaimana cara menyimpan kayu manis agar awet wanginya.

Secara umum, agar wangi kayu manis dapat bertahan lama tentunya segera menyimpannya pada tempat kering dan tertutup. Hal ini menjadikan kayu manis tetap awet dan tidak mudah rusak atau pun patah.

Namun sebelum itu, kayu manis sebaiknya jangan dicuci terlebih dahulu. Pasalnya, pencucian kayu manis ini dapat menyebabkan kayu rempah ini menjadi lembab dan tentunya akan cepat hilang akan kewangiannya.

Baca Juga :   Chia Seed, Biji-Bijian Kecil Dengan Manfaat Besar

Biasanya penyimpanan kayu manis pada tempat tertutup dapat dilakukan seperti media kontainer, toples besar maupun kecil, hingga tupperware dengan keadaan tertutup lainnya.

Selain itu, dalam penyimpanan kayu manis ini juga harus membutuhkan suhu yang cenderung sejuk. Pastikan suhu lingkungan sekitar harus memiliki suhu yang sejuk dan tidak terlalu panas.

Adapun suhu lingkungan yang cocok dalam menyimpan kayu manis agar tetap awet wanginya yaitu pada suhu yang berkisar antara 25 hingga 35 derajat celcius. Hal ini tentunya sangat cocok untuk menyimpan rempah.

Lebih lanjut, hal tersebut tentunya untuk menghindari kekeringan terhadap kayu manis tersebut. Biasanya jika kayu manis kering, akan berdampak buruk terhadap aroma kayu manis itu sendiri.

Baca Juga :   Waspadai, Ini Jenis Penyakit Yang Menyerang Tanaman Bawang Putih

Di samping itu, penyimpanan juga harus terhindar dari sorotan sinar matahari secara langsung. Mengingat, kayu manis merupakan rempah yang tidak tahan terhadap sinar matahari.

Lebih jauh, hindari menyimpan kayu manis dalam kulkas. Pasalnya, jika kayu manis di dalam kulkas, tentunya akan mengundang datangnya jamur nantinya menempel pada bagian batang kayu manis.

Oleh sebab itu, dengan cara atau pun tips tersebut. Kayu manis tentunya akan awet hingga tahan lama akan aroma serta wanginya, biasanya kayu manis dapat bertahan lama pada penyimpanannya hingga 1 bulan lamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.