Sesuai Arahan Mentan, Industri Pabrik Pakan Serap Jagung Lokal

oleh -12 views
0ccd7211-2b10-4b98-839c-69827f3d3745
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mendesak pelaku usaha industri pakan memaksimalkan serapan jagung lokal guna mengantisipasi turunnya harga jagung.

Tampak dua unit mobil corn dryer berada di suatu lapangan di Ulaweng Cinnong, Bone, Sulawesi Selatan. Kedua kendaraan tersebut merupakan milik PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI) hasil kerjasama dengan Kampus ITB.

Keberadaannya di lokasi tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Menteri Pertanian dan hasil koordinasi dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) untuk membeli jagung langsung ke petani.

Baca Juga :   Petani Senang, Pengambilan Pupuk Subsidi Pakai KTP Jauh Lebih Mudah

Dalam aktivitas tersebut, CPI menggandeng CGR BISI melakukan proses pengeringan jagung di lapangan milik kelompok petani jagung, yang tergabung dalam CGR BISI.

“Proses pengeringan jagung ini menggunakan mobil pengering jagung prototipe terbaru, yaitu Mobile Corn Dryer (MCD) Lite, yang mempunyai ukuran lebih kompak” ujar, Nazaruddin, Jumat (22/03/2024).

Aktivitas pengeringan jagung ini akan dilaksanakan selama 4 hari. Pada hari pertama, CPI telah membeli jagung sebanyak 11 ton jagung basah dengan harga Rp 4.400/kg (basis kadar air 17%). Setelah melalui proses pengeringan di mobil MCD tersebut, Kadar air turun menjadi 15-16%.

Baca Juga :   Terpasang Eartag, 2,5 Juta Ekor Sapi Di Jawa Timur Bebas PMK

Aktivitas “menjemput bola” ini tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak. Petani menikmati harga yang lebih layak karena telah memotong rantai distribusi dan langsung membawa pulang uang hasil penjualan jagungnya.

Sedangkan pihak pabrik pakan mendapatkan keuntungan yaitu jagung yang masih fresh dan harga yang lebih murah karena membeli langsung dari petani.

Selain itu, pabrik pakan lebih menghemat ongkos transport karena membawa jagung yang lebih ringan dengan kadar air tersisa 15%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.