Restocking 300 Kuda Laut Di Pulau Tidung, Upaya Jaga Ekosistem Laut

oleh -14 views
Ilustrasi Kuda Laut
Ilustrasi Kuda Laut - Foto : Pixabay/arhnue

Panennews.com – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu melakukan restocking 300 Kuda Laut.

Adapun hal itu dilaksanakan pada perairan Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Staf Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Fauzi Rahman mengatakan, restocking ratusan Kuda Laut jenis Hippocampus Cuda dan Hippocampus Comes dilakukan untuk menjaga kelestarian biota dan ekosistem laut.

“Kuda laut ini merupakan hasil budi daya yang dihasilkan dari proses pemijahan secara alami di wadah akuarium,” ujarnya, Kamis (07/03/2024).

Fauzi menjelaskan, restocking Kuda Laut di perairan Pulau Tidung merupakan hasil kerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan SMK Negeri 61 Jakarta.

Baca Juga :   Indonesia Gandeng Persatuan Emirat Arab Untuk Mega Proyek Rehabilitasi Mangrove

“Menjaga kelestarian alam ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu, kita juga mengajak komunitas sekolah sebagai bagian dari edukasi,” terangnya.

Menurutnya, spesies Kuda Laut di perairan Kepulauan Seribu sudah sangat minim dan jarang ditemui. Untuk itu, perlu lakukan penambahan.

“Kelestarian habitat laut yang unik ini kita harapkan juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kalau wisatawan banyak datang, diharapkan kesejahteraan warga juga meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 61 Jakarta, Heru Puspito mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama dalam melakukan budidaya Kuda Laut.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Serap Aspirasi Nelayan Di Kalimantan Utara

“Kegiatan ini menjadi salah satu program bagi pelajar atau taruna dalam meningkatkan keahlian di bidang Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut,” bebernya.

Lebih jauh Ia menambahkan, restocking Kuda Laut di perairan Pulau Tidung menjadi aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan.

“Upaya menjaga atau merawat kelestarian lingkungan, termasuk di laut perlu ditanamkan kepada pelajar sebagai generasi masa depan bangsa,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.