Perempuan Nelayan Di Pulau Pari, Panen 20 Kilogram Jagung Ketan

oleh -11 views
jagung_petani
Foto : Pexels

Panennews.com – Kelompok Wanita Tani (KWT) Perempuan Nelayan Pulau Pari melakukan panen perdana sebanyak 20 kilogram Jagung Ketan.

Adapun panen tersebut berada di lahan urban farming RT 01/04, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Ketua KWT Perempuan Nelayan Pulau Pari, Asmania mengatakan, panen dilakukan di lahan tanam seluas 200 meter persegi.

“Awalnya hanya coba-coba. Alhamdulillah, beberapa hari kemudian tanaman jagung itu tumbuh subur dan berbuah bagus,” ujarnya, Senin (18/03/2024).

Menurutnya, Jagung Ketan ini memiliki ciri berwarna hitam dan putih susu pada bijinya. Untuk proses menanamnya membutuhkan waktu sekitar 90 hari atau 2,5 sampai 3 bulan.

Baca Juga :   Petani Di Pasuruan, Panen Raya Durian Hingga 500 Buah Setiap Harinya

“Hasil panen perdana ini kami bagikan untuk anggota dan warga sekitar. Semoga hasil panen ini dapat memenuhi kebutuhan pangan di bulan Ramadan,” terangnya.

Ia menambahkan, di lahan urban farming tersebut juga ditanam berbagai tanaman sayur mayur dan buah lainnya seperti, Labu, Timun Suri, Pare, Terung hingga Cabai.

“Pertanian perkotaan ini sangat penting sebagai upaya menjaga ketahanan pangan mandiri,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari sangat menyambut baik dan mendukung budi daya Jagung Ketan yang dilakukan KWT Perempuan Nelayan Pulau Pari.

“Kami sangat mengapresiasi budidaya yang dilakukan. Semoga bisa berkelanjutan, kami siap membantu,” ucapnya.

Baca Juga :   Jenis Buah Durian Unggul, Dengan Daging Tebal Bercita Rasa Manis

Selain itu Ia juga berharap, makin banyak warga di Kepulauan Seribu yang tergerak melakukan pertanian perkotaan dengan memanfaatkan sekecil apapun lahan.

“Semoga kegiatan KWT Pulau Pari ini dapat menjadi contoh bagi warga lainnya. Sehingga, ketahanan pangan di Kepulauan Seribu tetap terjaga,” bebernya.

Sementara itu, warga RW 04, Kelurahan Pulau Pari, Endah (38) mengaku senang mendapatkan Jagung Ketan gratis hasil panen KWT Perempuan Nelayan Pulau Pari.

“Alhamdulillah, terima kasih. Jagung ini akan saya olah dicampur susu dan keju untuk menu berbuka puasa nanti karena anak-anak sangat suka,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.