Perbaiki Irigasi Di Sejumlah Daerah, Kementan Koordinasi Dengan PUPR

oleh -12 views
download (1)
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman segera melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR dalam menyiapkan air melalui perbaikan irigasi di sejumlah daerah.

Bagi Mentan, air merupakan kebutuhan utama dalam meningkatkan produksi disaat Indonesia dan juga dunia menghadapi cuaca ekstrem el nino yang cukup panjang.

“Nanti kami berkoordinasi dengan kementerian PU karena ke depan kita sedang menyiapkan sarana produksi yang selalu tersedia dan harga yang menguntungkan para petani. Karena itu yang diinginkan petani,” ujar Mentan, Sabtu (16/03/2024).

Baca Juga :   Ekspor Lada Meningkat, Barantan Dorong Akses Pasar Internasional

Mentan mengatakan, pembangunan irigasi pernah dilakukan pada periode awal pemerintahan Joko Widodo yang juga melibatkan Kementerian PUPR dalam membangun irigasi di lahan 3 juta hektare.

Kolaborasi ini terbukti mampu menghasilkan capaian gemilang dimana Indonesia pada 2017, 2019 dan 2020 mencapai swasembada.

“Dulu kami gunakan swakelola petani sehingga petani memiliki pendapatan tetap, kalau tidak salah ada 3 juta hektare yang kami perbaiki waktu itu,” katanya.

Diketahui sebelumnya, Kementerian PUPR memberi kontribusi besar pada program nasional food estate dengan melakukan pembangunan irigasi dan saluran air untuk persawahan di sana.

Baca Juga :   Kementan Bersyukur Sektor Pertanian Tetap Berkontribusi Positif Sepanjang 2020

Mentan menambahkan saat ini pihaknya tengah fokus pada pembangunan dan optimasi lahan rawa mineral yang tersebar di sejumlah provinsi.

Termasuk lahan food estate yang ada di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah. Adapun komoditas yang ditanam pada program tersebut di antaranya padi dan jagung.

“Kami yakin dengan pondasi yang kami bangun saat ini, dalam 2-3 tahun yang akan datang kita akan mencapai swasembada,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.