Penuhi Stok Ramadhan, 50 Kambing Kacang Diberangkatkan Ke Timika

oleh -12 views
677ae7389d4f1d07ff063cf6a07e4f81
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Sebanyak 50 ekor kambing kacang diperiksa oleh Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Maluku (Karantina Maluku) sebelum diberangkat ke Timika.

Adapun pemberangkatan itu bisa menggunakan mobil truck dari kobisadar menuju pelabuhan Bula.

Pelabuhan tersebut berjarak sekitar 112 km jauhnya dan terletak di ujung pulau Seram, Maluku. Tindakan karantina hewan telah dilakukan oleh pejabat karantina satpel Kobisadar untuk memastikan bahwa media pembawa tersebut bebas dari HPHK sebelum dilalulintaskan.

Setelah diperiksa, puluhan kambing kacang asal Kobisadar akhirnya berangkat menuju Timika. Pengiriman ini merupakan pengiriman perdana ke Timika sekaligus persiapan menyambut bulan suci Ramadhan dimana kebutuhan akan protein hewani cukup tinggi permintannya.

Baca Juga :   Kementan Dorong Penyerapan Ayam Ras Peternak Mandiri Mulai Berjalan

“50 ekor kambing kacang telah dilakukan tindakan karantina hewan dan diperiksa kelengkapan dokumennya. Kami juga mengecek kondisi alat angkut dan ketersediaan pakan sebelum diberangkatkan menuju pelabuhan dikarenakan jarak yang lumayan jauh. Desinfeksi alat angkut tidak lupa dilakukan untuk menjaga keamanan media pembawa tersebut sampai ditempat tujuan,” tutur Andri Maulana, selaku Kepala Satpel Kobisadar, Kamis (29/02/2024).

Sementara itu, Abdur Rohman, Kepala Karantina Maluku menyampaikan bahwa seluruh pejabat Karantina Maluku selalu siap menjadi garda terdepan dalam menjaga provinsi Maluku tetap bebas dari HPHK, HPIK, dan OPTK yang selalu mengancam sosial-ekonomi masyarakat.

Baca Juga :   Cegah Antraks Meluas, Pemda DIY Siapkan Ribuan Vaksin dan Larang Lalu Lintas Ternak dari Daerah Terpapar

“Pemberangkatan 50 ekor kambing kacang ini terbebas dari penyakit hewan ternak, sehingga ini bisa kita jaga dan Provinsi Maluku kita pastikan terbebas dari hama serta penyakit hewan” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.