Panen Raya Di Kabupaten Sigi, Presiden : Hasil Dan Produktivitasnya Baik

oleh -13 views
download (4)
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan langsung panen raya padi di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu (27/03/2024).

Berdasarkan tinjauan Presiden, hasil panen di wilayah tersebut menunjukkan hasil dan produktivitas yang sangat baik.

“Ya saya ingin melihat panen besar yang ada di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dan hasil dan produktivitasnya saya lihat bagus, per hektare bisa 6-6,2 ton per hektarenya, artinya baik,” ungkap Presiden Jokowi mengenai hasil panen.

Adapun Presiden menekankan pentingnya mempercepat proses penanaman kembali pascapanen, dengan memanfaatkan teknologi mekanisasi modern.

Baca Juga :   Mentan Amran Minta Penyuluh Petani Di Jawa Timur, Pacu Terus Produksi Padi Dan Jagung

Lebih lanjut, ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian hingga ketahanan pangan di daerah tersebut.

“Ini oleh Pak Mentan didorong untuk mempercepat penanaman kembali sehingga setelah dipanen langsung diolah tanahnya dengan traktor, dengan mesin-mesin yang mekanisasi yang lebih modern, dan ini akan mempercepat dimulainya penanaman kembali,” jelasnya.

Adapun Pak Sampurno, seorang petani lokal, berbagi pengalaman tentang panen di Pandere, Kabupaten Sigi, dengan luas tanah pertanian yang mencapai 200 hektare.

“Satu hektarenya kadang ada 5 ton, kadang ada 6 ton. Bagus kalau 5-6 ton itu bagus,” kata Sampurno, menggambarkan potensi hasil panen yang tinggi.

Baca Juga :   Ketahui Jagung Yang Siap Dipanen, Ternyata Begini Ciri-Cirinya

Selain itu, petani di Sigi juga bisa melakukan panen hingga tiga kali setahun, meski ada beberapa kendala seperti ketersediaan pupuk dan bibit.

“Harapan kita petani di sini perhatian dari pemerintah, pupuknya, bibitnya harus diperhatikan, dengan pengairannya,” ungkap Sampurno, menyatakan kebutuhan untuk dukungan lebih lanjut dari pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.