Kementan Dorong Penyediaan Bibit Ternak Berkualitas Di Sumsel

oleh -15 views
10e48ba6-8ac0-4ce3-911e-47d340000ee9
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan terus mengembangkan dan menyebarkan bibit ternak berkualitas.

Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dimiliki yaitu Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Sembawa yang berlokasi di Kabulaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

“Peran BPTU HPT Sembawa sebagai UPT Perbibitan dan Pakan perlu diperkuat, salah satunya melalui pembinaan organisasi”, ujar Nasrullah, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan disela-sela kunjungan kerja pada Sabtu (30/03/2024).

Selama berada di Sembawa, Nasrullah didampingi Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Agung Suganda, secara langsung memantau perkembangan ternak.

Baca Juga :   Kembangkan Sapi Girolando Di Indonesia, Brazil Tawarkan Kerja Sama

Nasrullah menekankan akan pentingnya mengurangi ketergantungan pada produk pangan asal hewan impor dengan memperkuat peternakan dalam negeri.

Menurutnya, ini merupakan tanggung jawab bersama Ditjen PKH dan semua UPT peternakan dan Kesehatan Hewan yang ada.

“Potensi Sembawa untuk menyediakan bibit ternak berkualitas sudah cukup baik, namun perlu peningkatan karena tantangan pemenuhan pangan dari sumber ternak akan semakin meningkat,” nilai Direktur Agung.

Sementara itu, Imron selaku Plt Kepala BPTU HPT Sembawa menjelaskan bahwa saat ini sedang mengembangkan dua komoditas ternak utama, yakni sapi Brahman dan PO (Peranakan Ongole), serta ayam lokal.

Baca Juga :   Harga Pakan Ayam Mahal, Ini Dia Pakan Alternatifnya Dengan Nutrisi Lengkap

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa bibit ternaknya saat ini telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selama kunjungan, Nasrullah juga menyempatkan diri berinteraksi dan berbuka puasa bersama dengan seluruh pegawai BPTU HPT Sembawa dalam suasana keakraban.

Hal ini menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dalam hal penyediaan pangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.