Jadi Bahan Furniture, Ketahui Ciri-Ciri Kayu Sonokeling Berkualitas

oleh -14 views
Close up of a tree cut
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Sonokeling merupakan salah satu jenis kayu yang berasal dari pohon sonokeling. Biasanya pohon tersebut banyak dijumpai pada hutan-hutan wilayah Indonesia.

Sebagian orang memanfaatkan kayu ini sebagai bahan baku pembuatan furniture. Namun, hal itu merujuk terhadap ciri-ciri kayu sonokeling yang berkualitas baik.

Adapun ciri-ciri kayu sonokeling berkualitas baik biasanya memiliki tekstur yang cukup terbilang keras. Dengan tekstur yang keras ini, kayu tersebut pun mempunyai daya tahan terhadap serangan rayap.

Di samping teksturnya yang keras, sonokeling juga memiliki permukaan kayu yang terbilang halus. Hal ini menjadikan kayu tersebut sangat mudah dibentuk.

Baca Juga :   Tanam Benih Buah Alpukat Hingga Durian, Lestarikan Desa Hutan Di Sukabumi

Selain itu, kayu sonokeling yang berkualitas baik juga mempunyai ciri pada warnanya tergolong hitam. Pada umumnya, kayu sonokeling mempunyai warna hitam yang cukup normal.

Lebih lanjut, warna hitamnya ini menjadi simbol kekuatan dan ketahanan terhadap berbagai serangan hama. Mengingat, kayu yang berwarna hitam ini biasanya cenderung memiliki kualitas baik.

Sementara itu, kayu sonokeling yang tidak bolong serta tidak berlubang ini juga bisa jadi ciri-ciri kayu tersebut berkualitas. Pasalnya, kayu sonokeling yang bolong biasanya menjadi rusak sehingga ini tidak berkualitas.

Baca Juga :   Hutan Gundul Di Pegunungan Kendeng Ditanami Seribuan Bibit

Lebih jauh lagi, ciri-ciri sonokeling berkualitas juga memiliki ketahanan terhadap sinar matahari. Mengingat, sebagian jenis kayu tentunya tidak tahan terhadap paparan sinar matahari.

Oleh sebab itu, sonokeling yang tahan terhadap sinar matahari juga bisa menjadikan ciri kayu sonokeling mempunyai kualitas tinggi dan juga baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.