Daerah Irigasi Gumbasa, Presiden Jokowi : Dukung Kedaulatan Pangan

oleh -13 views
presidenri.go.id-27032024164231-6603ea07df2ea4.16514136-1280x960
Foto : Dok. BPMI Setkab

Panennews.com – Presiden Joko Widodo meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi daerah irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu (27/03/2024).

Peresmian ini merupakan langkah penting dalam mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan, serta peningkatan produktivitas pertanian di Indonesia.

“Kita harus terus bekerja keras untuk mewujudkan ketahanan pangan, kedaulatan pangan. Kita sudah melaksanakan pembangunan serta rehabilitasi infrastruktur irigasi termasuk bendungan dan jaringan irigasi yang tersebar di seluruh Tanah Air untuk memastikan ketersediaan air bagi sawah, bagi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian kita,” ucapnya.

Baca Juga :   Tebu, Tanaman Manis Untuk Beragam Kebutuhan Manusia

Selain itu, Presiden juga mengatakan bahwa langkah ini juga merupakan salah satu upaya pemulihan dalam sektor pertanian.

Lebih lanjut, adapun daerah irigasi di Gumbasa direhabilitasi dengan nilai anggaran mencapai Rp1,25 triliun untuk merekonstruksi satu bendungan, 35 kilometer saluran primer, 52 kilometer saluran sekunder, 119 kilometer saluran tersier, dan 82 saluran pembuang.

“Ini akan mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 hektare persawahan dan meningkatkan indeks pertanian dari semula 149 persen menjadi 300 persen, hampir dua kali lipat,” lanjutnya.

Baca Juga :   Perolehan Data Perubahan Usaha Tani Melalui Sensus Pertanian

Lebih jauh, Presiden Jokowi pun menyampaikan harapannya agar rehabilitasi dan rekonstruksi daerah irigasi Gumbasa ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di daerah sekitar.

“Saya harap dengan rehabilitasi dan rekonstruksi daerah irigasi Gumbasa ini akan meningkatkan produktivitas pertanian kita, mendukung keamanan, ketahanan, dan kedaulatan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.