Dokumen Lengkap Bebas Hama, 730 Ton Biji Sawit Aman Masuk Bitung

oleh -26 views
4060ec82e1cfd930b6168a730d35a5a3
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Sebanyak 730 ton palm kernel atau inti biji kelapa sawit asal Kabupaten Berau, Kalimantan Timur diperiksa oleh pejabat Karantina Sulawesi Utara.

Pemeriksaan itu sangat bermanfaat untuk mengetahui komoditas biji kelapa sawit tengah sehat. Dan hal ini tentunya sesuai undang-undang yang berlaku.

Sesuai aturan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, setiap komoditas tumbuhan dan produknya seperti palm kernel perlu diperiksa dan dipastikan bebas organisme pengganggu tumbuhan (OPT) saat dilalulintaskan antar area.

Baca Juga :   Dukung Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan, Pemerintah Sesuaikan Tarif Pungutan Ekspor CPO dan Turunannya

Oleh karenanya, Kepala Karantina Sulawesi Utara, drh. I Wayan Kertanegara, M.Pt menyebut pejabat karantina melalui satuan pelayanan laut Bitung telah melakukan tindakan pemeriksaan terhadap palm kernel atau biji sawit yang masuk ke Bitung.

“Tindakan pemeriksaan biji sawit ini kami upayakan, hasilnya biji sawit ini tengah lengkap dokumennya serta dinyatakan sehat dan tidak ada hama serta penyakit yang menganggu komoditas tersebut” ujarnya, Selasa (12/03/2024).

Selain itu, I Wayan juga mengatakan setelah pemeriksaan ini dan dokumen lengkap tersebut. Komoditas biji sawit ini akan segera dilalulintaskan ke Bitung.

Baca Juga :   Penuhi Persyaratan Ekspor, 620 Ton Komoditas Bungkil Kelapa Sawit Diperiksa

Lebih lanjut, Kami sebagai pemeriksa juga banyak mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang berjalan sesuai prosedurnya.

“Komoditas biji sawit yang lengkap dokumen serta dinyatakan sehat, nantinya akan segera kami lalulintaskan. Di samping itu, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait” tutupnya.

Sebagai informasi, diantaranya pemeriksaan fisik dan pemeriksaan administrasi untuk memastikan komoditas yang masuk telah dilengkapi sertifikat karantina dari daerah asal sehingga terjamin bebas OPT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.