Cumi Bangka, Spesies Penghuni Dasar Laut Yang Lezat Dikonsumsi

oleh -17 views
select focus Squids raw on banana leaf background
Foto : Pixabay

Panennews.com – Cumi bangka merupakan salah satu jenis cumi-cumi yang keberadaannya banyak ditemukan pada dasar laut. Biasanya cumi ini menghuni permukaan dasar laut hingga kedalaman 400 meter.

Cumi ini memiliki nama Ilmiah Uroteuthis Chinensis yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Loliginidae. Dikalangan masyarakat, cumi ini kerap populer sebagai cumi konsumsi dengan cita rasanya khas.

Secara morfologi, cumi-cumi ini mempunyai bentuk tubuh yang memanjang serta meruncing keatas. Panjang tubuh cumi bangka ini pada spesies dewasa biasanya berkisar antara 30 – 45 cm.

Baca Juga :   Dorong Ekonomi Pulau Terluar, KKP Salurkan Bantuan Ekonomi Produktif di Kepulauan Mentawai

Lebih lanjut, sedangkan spesies kecilnya bisa mempunyai panjang tubuh hingga mencapai kisaran 25 – 20 cm. Adapun warna dari cumi bangka ini biasanya putih cenderung kemerahan.

Selain itu, cumi ini juga memiliki daging yang lumayan tebal dengan sirip agak lebar. Meski berdaging tebal, namun tekstur daging cumi ini cenderung lunak serta empuk jika diolah.

Tak hanya itu, daging cumi bangka ini juga menyimpan sederet nutrisi yang baik untuk kesehatan. Adapun kandungan nutrisi tersebut meliputi protein, karbohidrat, dan sejumlah vitamin hingga mineral.

Baca Juga :   Perdagangan Liar Penyu Hijau Di Bali, Ditindak Secara Hukum

Lebih jauh, lantaran banyaknya kandungan nutrisi serta vitamin dan sejumlah kandungan mineral ini, banyak dari kalangan masyarakat tengah mengkonsumsi cumi bangka ini.

Di samping itu, cumi bangka ini juga cukup lezat jika dikonsumsi. Biasanya sebagian masyarakat jika mengkonsumsi cumi bangka ini tengah diolah menjadi campuran seafood hingga olahan tumisan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.