Cerorot, Kudapan Khas Bali Sajian Manis Dalam Perayaan Nyepi

oleh -18 views
istockphoto-1431155851-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Cerorot merupakan salah satu jenis kue yang memiliki bentuk cenderung unik. Jenis kue tersebut biasanya dapat kita jumpai pada wilayah Lombok hingga Pulau Bali.

Kue cerorot ini memiliki nama lain seperti clorot hingga cerot. Namun, pada daerah Lombok hingga Bali sendiri kue ini cukup populer dikenal dengan kue jaje atau cerorot.

Pada umumnya, kue ini mempunyai bentuk kerucut cenderung memanjang. Ukuran lazim pada kue ini biasanya hingga mencapai 10 cm dengan dilengkapi warnanya yang cenderung cokelat.

Adapun jenis kue khas Pulau Bali ini biasanya terbuat dari tepung beras yang diolah hingga menjadi adonan. Setelah menjadi adonan, biasanya adonan tersebut dicampur tambahan gula merah dan garam secukupnya.

Baca Juga :   Harga Beras Naik, DPR RI Dukung Upaya Stabilisasi Harga

Lebih lanjut, setelah itu biasanya adonan yang dicampurkan gula merah hingga garam tadi dicampurkan lagi santan kelapa sebagai penambah kesedapan hingga perpaduan rasanya.

Selain itu, proses memasak kue cerorot ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya adonan cerorot ini dibuat dengan cara dikukus, namun proses pengukusannya ini pun hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Meski begitu, kue khas Bali ini pun memiliki cita rasa yang cenderung manis. Di samping itu, kue ini juga mempunyai tekstur pada permukaan depan hingga dalamnya lunak yang dibalut dengan uniknya daun lilitan.

Baca Juga :   Begini Tips Sukses Menjalankan Usaha Kue Kering Jelang Lebaran

Sementara itu, kue cerorot ini biasanya dapat kita jumpai pada sajian Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali. Lantaran cita rasa yang manis serta lezat, banyak dari kalangan umat hindu tengah menyukainya.

Oleh karena itu, tak jarang dan tak aneh jenis kudapan yang terbuat dari tepung beras ini tengah populer di Bali hingga saat perayaan nyepi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.