Cara Mudah Mengatasi Busuk Batang Pada Tanaman Jagung

oleh -7 views
Tanaman Jagung
Foto : Freepik

Panennews.com – Busuk batang merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang tanaman jagung. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh serangan organisme berupa virus atau pun bakteri.

Dampak buruk jika tanaman jagung terserang penyakit ini biasanya akan menyebabkan busuk pada bagian batang. Lebih parahnya lagi, tanaman jagung akan menimbulkan gagal panen.

Oleh karena itu, jenis penyakit yang menyerang tanaman jagung ini tidak boleh dianggap remeh. Harus ada cara mudah dalam mengatasi busuk batang pada tanaman pangan Indonesia ini.

Adapun cara mudah dalam mengatasinya yaitu dengan mengatur sistem pengairan pada media tanam jagung. Hal ini melalui perbaikan struktur irigasi air lama dan diganti dengan air yang baru pada sistem penyiraman.

Baca Juga :   Kayu Rapet, Tanaman Herbal Tropis Yang Sudah Mulai Langka

Lebih lanjut, tujuannya yaitu agar batang selalu tersimpan cadangan air baru. Mengingat, cadangan air lama tentunya akan merusak struktur pada sebagian tanaman jagung itu sendiri.

Selain itu, berikan juga pupuk dengan kandungan senyawa unsur hara yang cukup tinggi. Biasanya pemberian pupuk tersebut ini dapat berupa pupuk kompos hingga kandang yang termasuk ke dalam pupuk organik.

Pasalnya, pada pupuk organik tersebut sangat tinggi akan kandungan senyawa unsur haranya. Di samping itu, pupuk ini juga dapat merangsang pertumbuhan tanaman jagung agar lebih maksimal.

Baca Juga :   Ketahui Jagung Yang Siap Dipanen, Ternyata Begini Ciri-Cirinya

Meski begitu, jenis pupuk organik juga dipercayai ampuh dalam menjaga serta mengatasi penyakit busuk batang pada tanaman jagung. Oleh sebab itu, pemberian pupuk sangat diperlukan untuk mengatasi penyakit ini.

Lebih lanjut, jaga kebersihan pada sekitar lingkungan hingga media tanam jagung. Hal ini merupakan bagian yang terpenting karena menyangkut dengan kebersihan yang akan berdampak langsung terhadap kesehatan tanaman.

Dengan menjaga kebersihannya, otomatis penyakit serta hama tentunya akan menjauh. Oleh sebab itu, dengan cara ini tentunya penyakit busuk batang tanaman jagung akan segera teratasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.