Budidaya Sistem Bioflok, Hasilkan Ikan Lebih Banyak Di Palangka Raya

oleh -8 views
Dok. KKP
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi menekankan pentingnya inovasi dalam metode budidaya ikan.

Misalnya, dengan sistem bioflok yang menawarkan sejumlah keunggulan signifikan dibandingkan metode konvensional.

“Sistem bioflok tidak hanya efisien dalam penggunaan ruang dan sumber daya air, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas air melalui mekanisme mikroorganisme. Ini adalah langkah maju dalam teknologi perikanan yang mendukung prinsip-prinsip ekologi,” katanya Minggu (24/03/2024).

Dengan sistem bioflok, petani ikan dapat mengoptimalkan lahan yang terbatas untuk menghasilkan jumlah ikan yang lebih banyak.

Baca Juga :   3 Komoditas Ikan Konsumsi Yang Paling Laris Di Pasar Ekspor

Adapun sistem ini menggunakan bakteri yang mengonversi limbah ikan menjadi protein, yang kemudian dapat dikonsumsi kembali oleh ikan, sehingga mengurangi kebutuhan pakan dari luar.

Selain itu, keunggulan lain dari sistem bioflok ini juga adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit yang sering kali menjadi tantangan dalam metode budidaya tradisional.

“Kesehatan ikan terjaga, dan ini berarti produktivitas yang lebih tinggi dan keuntungan yang lebih besar bagi petani,” ujarnya.

Pemerintah Kota Palangka Raya kini mengadopsi sistem bioflok secara lebih luas sebagai bagian dari program pengembangan perikanan berkelanjutan.

Baca Juga :   Begini Cara Mengatasi Penyakit Bercak Putih Pada Ikan Budidaya

Dengan dukungan teknis dan pelatihan yang tepat, diharapkan metode ini dapat diterapkan oleh lebih banyak petani ikan di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.