Budidaya Kepiting Sistem Apartemen, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

oleh -9 views
whatsapp_image_2024-03-25_at_21_57_021
Foto : Dok. Pemprov Aceh

Panennews.com – Pengembangan dan budidaya kepiting kerap dianggap sulit. Padahal dengan letak geografis dan sumber daya alam melimpah.

Dalam hal ini, budidaya kepiting jika ditekuni dengan serius dapat menghasilkan pendapatan secara berkala.

Ada banyak cara membudidayakan kepiting, salah satunya dalam bentuk “apartemen” seperti yang sedang dilakoni Danlanal Simeulue, Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra MTr Opsla. Caranya yaitu dengan memanfaatkan ember plastik, rak bertingkat dan sirkulasi air laut.

“Dengan geografis dan potensi sumber daya alam melimpah itu, banyak potensi usaha untuk pertumbuhan ekonomi, salah satunya usaha budidaya kepiting. Saya saja sudah budidaya kepiting dengan sistem apartemen,” ungkapnya, Rabu (27/03/2024).

Baca Juga :   Pemerintah Dorong Sistem Kehutanan Lestari Dan Berdaya Saing

Menurut Dwi, dari hasil budidaya kepiting sistem “apartemen” itu pihaknya telah satu kali panen perdana dan saat ini sedang menunggu panen untuk kedua kalinya, di mana kepiting sedang dalam proses pembesaran di apartemen bertingkatnya.

Selain itu, Danlanal Simeulue juga membuka pintu bagi masyarakat maupun pelajar untuk belajar cara memulai usaha budidaya kepiting dengan sistem “apartemen”, sehingga nantinya bisa menambah pendapatan dan meningkatkan perekonomian.

Apartemen kepiting ala Danlanal Simeulue itu hanya terpaut beberapa meter dari pinggir laut Teluk Sinabang, persisnya berada dalam Markas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Simeulue.

Baca Juga :   Komisi IV Sebut Pentingnya Edukasi Bagi Pembudidaya Perikanan

“Silakan bagi warga dan pelajar yang berminat belajar usaha budidaya sistem apartemen, kita bagi ilmunya sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian untuk masyarakat pulau Simeulue,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dwi juga menyebutkan saat ini pihaknya juga memanfaatkan lahan dalam Markas Lanal Simeulue untuk usaha budidaya ikan tawar dan perkebunan sayur mayur.

“Mari salurkan hobi kita dengan manfaatkan lahan kosong di lingkungan yang ada sekitar kita, untuk menambah nilai ekonomi bagi keluarga,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.