Bekasi Canangkan Varietas Benih Padi Lokal Tahan Serangan Hama

oleh -7 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas Pertanian, Abdillah Majid meresmikan pencanangan benih varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi.

Adapun pencanangn ini di Kantor UPTD Balai Benih Kampung Tambun, Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran, pada Selasa (05/03/2024).

Dani Ramdan menyampaikan, dengan adanya varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi ini diharapkan ke depannya bisa menjadi trademark Kabupaten Bekasi.

Hadirnya varietas padi lokal ini menjadi salah satu strategi dalam menjaga kedaulatan pangan, memperkokoh peran dan kedudukan serta meningkatkan kontribusi Kabupaten Bekasi sebagai salah satu lumbung pangan di Jawa Barat.

“Saya berharap agar ke depannya ini bisa dikembangkan kualitasnya menjadi kategori sebagai beras premium, supaya harganya menguntungkan para Petani serta menjadi trademark Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Dani menambahkan, sebagai upaya mendukung pengembangan benih lokal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian akan memberikan Asuransi Panen bagi para petani yang menggunakan varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi.

Baca Juga :   Usung Ketahanan Pangan, Ibu-Ibu PKK Di Bekasi Tanam Bibit Cabai

“Jadi Petani yang menggunakan bibit ini (Pusaka Bhagasasi) akan dilengkapi asuransi yang dibayar oleh Dinas Pertanian. Artinya kalau sampai gagal panen, ini bisa diganti dengan asuransi yang preminya nanti dibayar oleh pemerintah,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, ke depannya Pemkab Bekasi juga akan mengembangkan Varietas Beras Merah yang berasal dari wilayah Kecamatan Bojongmangu. Varietas ini merupakan temuan yang akan dikembangkan selanjutnya.

“Varietas ini bisa bertahan terhadap cuaca kering dan hujan juga. Ini juga cukup memberi prospek harapan dan juga saya mendorong Dinas Pertanian yang dibantu oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar Beras Merah Bojongmangu ini bisa menjadi varietas lokal berikutnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid menjelaskan, Benih Varietas Padi Lokal Pusaka Bhagasasi merupakan hasil karya dan kerja keras yang dilakukan oleh Untung Mursidi, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Karya Bakti Desa Mekarjaya, Kecamatan Kedungwaringin.

Baca Juga :   Kementan Genjot Petani Lakukan Intercropping Di Tanaman Kelapa Dan Jagung

Lebih lanjut, dirinya ingin agar Kabupaten Bekasi memiliki salah satu varietas unggulan lokal yang menjadi icon Kabupaten Bekasi.

“Bahwa untuk pencanangan benih varietas lokal pusaka bhagasasi ini merupakan penanaman perdana atau percontohan awal di Kabupaten Bekasi. Dimana beliau (Untung Mursidi) telah lama sejak tahun 2012 telah menemukannya, tapi baru tahun ini kita canangkan,” ujarnya.

Adapun keunggulan pada benih varietas padi lokal Pusaka Bhagasasi ini di antaranya tahan hama, produksi tinggi, tahan rebah serta memiliki masa tanam cepat. Dengan adanya benih lokal ini akan menjadi awal peningkatan produksi benih di Kabupaten Bekasi.

“Untuk lokasi uji coba penanamannya ada sekitar 6 hektar dari total lahan balai benih 12 hektar. Mudah-mudahan hasil benih ini berhasil, kalau berhasil kita akan melakukan pencanangan lagi dan melihat sejauh mana hasilnya,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.