Anggota DPR Minta Pelabuhan Ikan Di Gunungkidul Utamakan Nelayan Kecil

oleh -11 views
WhatsApp Image 2024-03-03 at 18.36.01
Kunjungan kerja DPR RI ke pelabuhan ikan Pantai Gesing, Gunungkidul. (Dok. Pemkab Gunungkidul)

Panennews.com – Pelabuhan ikan di Gesing, Kabupaten Gunungkidul, mampu menampung kapal-kapal bertonase besar.

Namun pelabuhan itu diharapkan dapat membuka akses juga untuk kapal-kapal kecil dari nelayan setempat.

Hal itu mengemuka dalam kunjungan kerja Komisi IV DPR RI, Jumat (01/03/2024), yanh meninjau progres perkembangan pembangunan Pelabuhan Pendaratan Perikanan (PPP) Pantai Gesing, Girikarto, Panggang, Gunungkidul, yang dibangun Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Pesan saya ke depan prioritaskan untuk nelayan-nelayan kecil, meskipun pelabuhan ini dapat menampung kapal-kapal besar juga agar ekonomi masyarakat disekitar sini dapat terus berputar,” kata Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

Baca Juga :   Kampung Nelayan Maju, Upaya KKP Tingkatkan Taraf Hidup Nelayan

Menururnya, Gunungkidul wilayahnya berbatasan langsung dengan laut sehingga membuat daerah ini kaya akan hasil laut. Untuk mendukung sektor kelautan, sejumlah fasilitas pelabuhan ikan pun dibangun.

PPP Gesing mulai dibangun pada 2022 dan dapat menampung kapal 10 GT sampai 30 GT sebanyak 40 kapal, juga perahu motor tempel 50 PMT dengan ukuran sampai 30 grooston.

Adapun Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini juga menyatakan kapal-kapal nelayan kecil dapat diprioritaskan di pelabuhan kecil bahkan ada pembatasan kapal-kapal besar.

Baca Juga :   KKP Gencarkan Sertifikasi Keselamatan Nelayan

Ia menilai, konsep pelabuhan di Gesing ini cukup bagus karena bukan hanya menekankan sektor perikanan, melainkan juga didorong sebagai tujuan wisata.

“Konsep wisata pelabuhan ikan ini terlihat menarik. Dengan penataan yang sedemikian rupa dari Pemda DIY, harapannya ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar utamanya nelayan-nelayan kecil,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.