Akses Terbuka, Barantin Percepat Ekspor Mangga Gedong Ke Jepang

oleh -13 views
94WhatsApp Image 2022-12-01 at 10.34.06
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Badan Karantina Indonesia (Barantin) mendorong percepatan ekspor mangga gedong gincu setelah akses pasar ke Jepang terbuka.

Kolaborasi antarpemangku kepentingan perlu untuk terus dilaksanakan demi keberlanjutan ekspor mangga gedong gincu asal Jawa Barat ke Jepang.

“Kabar baik bahwa akses pasar ekspor mangga gedong gincu ke Jepang sudah terbuka, setelah tujuh belas tahun (Barantin) negosiasi. Jepang memiliki persyaratan dengan standar yang ketat, saintifik, dan berkualitas. Demi mempercepat ekspor mangga ini, semua pihak harus berkolaborasi sesuai tugasnya masing-masing untuk segera mewujudkannya,” ujar Plt. Deputi Bidang Karantina Tumbuhan Bambang dalam ‘Focus Group Discussion’ di Ruang Papandayan, Gedung Sate, Bandung, Kamis (21/03/2024).

Bambang menambahkan bahwa selama ini pihak Jepang mengganggap OPTK (organisme pengganggu tumbuhan karantina) berupa lalat buah ‘Bactrocera occipitalis’ ada di Jawa Barat. Padahal di Indonesia hanya ditemukan di Kalimantan saja.

Baca Juga :   6 Produk Turunan Sawit Asal Riau Mampu Bersaing di Pasar Global

Selama ini tidak ada lalu lintas mangga dari Kalimantan ke Pulau Jawa. Karantina sudah melakukan mitigasi sehingga tidak terjadi penyebaran ke luar Kalimantan.

“Hal demikian diperkuat dengan hasil riset Injabar Universitas Padjadjaran (Unpad), lalat buah jenis ‘B. occipitalis’ tidak ditemukan di Jawa Barat. Riset ini membuktikan secara ilmiah bahwa mangga gedong gincu asal Jawa Barat bebas dari ‘B. occipitalis’,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendukung penuh upaya yang dilakukan Barantin dan pemangku kepentingan lainnya dalam percepatan ekspor mangga gedong gincu ke Jepang. Termasuk mengundang pihak investor untuk menyediakan fasilitas perlakuan uap panas secara komersial.

“Kami akan mencoba menggandeng BUMD perbankan melalui dana CSR atau invenstor untuk bisa turut serta, sehingga percepatan terlaksana. Ekspor mangga bisa segera terealisasi. Harapannya tidak hanya mangga gedong gincu saja, tetapi buah jenis lainnya asal Jabar bisa ekspor juga. Bila ekspor ke Jepang ini tembus, saya yakin ke negara lainnya juga bisa (tembus). Mohon dijaga kualitas dan mutunya untuk menjaga kepercayaan pembeli,” ucap Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Baca Juga :   Pemkab Parigi Moutong, Fokus Kembangkan Produk Olahan Durian

Dalam rangka percepatan ekspor mangga ini, Barantin mengajak seluruh pemangku kepentingan mempersiapkannya.

Terutama dalam implementasi ‘Good Agriculture Practice’ yang benar di tingkat petani. Diantaranya untuk sanitasi kebun, registrasi kebun dan rumah kemasnya, produktivitas untuk keberlanjutan ekspor.

Sebagai informasi, Mangga gedong gincu merupakan varietas mangga spesifik lokasi Provinsi Jawa Barat dengan sebaran di Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Indramayu yang bernilai ekonomi tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.