Akar Manis, Jenis Tanaman Obat Hingga Bahan Baku Permen Karet

oleh -23 views
close-up of pale blue inflorescence and pinnate leaves of a licorice shrub
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Akar manis merupakan salah satu tanaman jenis polong-polongan. Jenis tanaman ini sudah tersebar ke berbagai negara seperti Asia, Australia, hingga di sejumlah negara Eropa.

Jenis tanaman akar manis memiliki nama Ilmiah Licorice yang masih satu famili dengan Fabaecae. Setidaknya, ada 20 spesies tanaman akar manis dengan ciri serta karakteristiknya berbeda-beda.

Secara morfologi, akar manis tergolong semacam jenis tanaman tahunan yang memiliki bentuk terna. Biasanya tanaman tersebut dapat tumbuh tinggi hingga mencapai kisaran antara 2 – 3 meter.

Baca Juga :   Benarkah Pohon Kurma Bisa Tumbuh Subur Di Negara Indonesia?

Batang dari jenis tanaman ini memiliki bentuk memanjang dengan tekstur lunak serta warnanya yang cenderung hijau. Di sisi batangnya, terdapat ranting yang dilengkapi oleh daun berwarna hijau.

Lebih lanjut, adapun daun tersebut biasanya berkembang seperti sayap dengan ukurannya bisa mencapai kisaran antara 7 – 15 cm. Dalam satu percabangan, daun yang tumbuh pada batangnya ini bisa menghasilkan bunga dengan warna yang cukup bervariasi seperti ungu serta putih cenderung biru.

Selain itu, bunga ini juga memiliki sifat memanjang yang tumbuh pada serabutnya dengan teksturnya yang cenderung lunak. Biasanya bunga ini dapat berguna serta bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Kenali 3 Jenis Tanaman Sukulen, Si Mungil Cantik Indah Dipandang

Sementara itu, kegunaan dari akar manis ini cukup familiar pada berbagai negara. Di negara Asia sendiri, bunga ini sangat berguna untuk pengobatan seperti anti nyeri hingga pereda flu.

Lebih jauh, pada bagian negara Eropa sendiri biasanya jenis tanaman akar manis ini sangat dimanfaatkan sebagai bahan baku permen karet. Pasalnya, akar manis ini memiliki cita rasa yang cenderung manis pada bagian bunganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.