Agar Tidak Bau Amis, Begini Tips Mudah Menyimpan Ikan Di Kulkas

oleh -8 views
Sambut Harkannas Ajak Makan Ikan2
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan gizi serta vitamin lengkap. Oleh sebab itu, banyak dari kalangan masyarakat tengah mengkonsumsi ikan.

Sebelum mengolah ikan, biasanya sebagian masyarakat tengah menyimpan ikan dalam kulkas. Tujuannya yaitu agar ikan tersebut tetap segar dan terhindar dari bau amis yang menyengat.

Agar tidak bau amis, ada beberapa tips mudah dalam menyimpan ikan dalam kulkas. Salah satunya yaitu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, ikan tersebut sebaiknya dicuci terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar ikan itu terhindar dari segala jenis kotoran atau bakteri, sehingga ikan ini tetap segar dan juga terhindar dari bau amis. Biasanya pencucian ikan ini dilakukan pada air yang mengalir.

Baca Juga :   BPS Catat Struktur Ekonomi Pembudidaya Membaik

Selain itu, setelah mencuci ikan tersebut sebaiknya juga lakukan pembungkusan ikan menggunakan plastik atau pun kontainer sebelum disimpan ke kulkas.

Adapun pembungkusan ini bertujuan agar ikan tersebut tidak terkontaminasi oleh benda asing, sehingga hal ini tentunya menjaga ikan agar tetap segar dan tidak berbau menyengat.

Setelah ikan dicuci dan dibungkus dengan menggunakan plastik atau kontainer, sebaiknya masukkan ikan tersebut ke dalam kulkas dengan temperatur suhu yang lebih dingin dari biasanya.

Lebih lanjut, biasanya agar terjaga kesegarannya dan tidak bau amis besarkan temperatur suhu dingin dalam kulkas. Biasanya suhu dingin dalam kulkas ini bisa mencapai kisaran antara 4,4 derajat celcius.

Baca Juga :   KKP Tingkatkan Kesejahteraan Pembudidaya Melalui Bantuan Calon Induk Ikan Bernilai Ekonomis Tinggi

Pasalnya, kulkas dengan suhu dingin tersebut biasanya akan lebih bermanfaat untuk menyimpan sayuran atau pun daging. Dengan demikian, ikan yang tersimpan dalam kulkas pada suhu 4,4 derajat tentu akan terjaga segarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.