3 Penyakit Udang Windu, Dari Penyebab Hingga Gejala Awalnya

oleh -11 views
KKP Kembangkan Outlet Pentokolan Untuk Udang Windu
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Udang windu merupakan salah satu komoditas perikanan yang populer dan mempunyai banyak penggemar. Oleh sebab itu, sebagian masyarakat tengah membudidayakan udang tersebut.

Dalam budidayanya, udang ini kerap terserang berbagai jenis penyakit. Jenis penyakit tersebut pun beraneka ragam, mulai dari penyebab hingga gejalanya yang berbeda-beda. Adapun jenis penyakit yang kerap menyerang windu antara lain.

Bintik Putih

Jenis penyakit ini biasanya kerap melanda pada sejumlah ikan hias, namun tak jarang penyakit ini juga melanda udang windu. Penyebab penyakit ini biasanya kualitas air kolam yang tidak baik, sehingga dapat menimbulkan bintik putih yang terbit pada sebagian tubuh udang. Selain itu, gejala dari penyakit ini juga biasanya udang akan mengalami penurunan nafsu makan. Bahkan, udang yang kerap terserang bintik putih dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga :   Agar Ikan Nila Cepat Gemuk, Ternyata Ini Pakannya

Insang Hitam

Udang windu kerap terserang penyakit insang hitam, adapun penyebab penyakit ini biasanya saluran oksigen pada pernafasan udang tidak berkualitas. Selain itu, udara hingga suhu yang tidak baik dalam kolam budidaya udang juga bisa jadi salah satu penyebab udang terserang insang hitam. Gejalanya, udang akan kesulitan dalam bernafas.

Kepala Kuning

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang terparah. Pasalnya, udang windu yang terserang penyakit ini akan menyebabkan gejala gagal panen. Selain itu, gejalanya juga bisa menyebabkan penurunan produktivitas hingga kematian secara dini. Adapun penyebab penyakit ini biasanya adanya gangguan dalam reproduksi udang windu pada seluruh tubuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.