Tahu Bakso Dan Sale Pisang Asal Semarang, Rambah Pasar Eropa

oleh -11 views
U9ZnADG3kS7Ydd68EY76bHwlyNUEGFdxCG55l8lw
Foto : Dok. Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Salah satu produk hasil usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tahu bakso ‘Tomell’ dan sale pisang ‘Rodjo Sale’ berhasil merambah pasar Australia dan juga Eropa yaitu Amerika Serikat.

Produk hasil PT Kingkaf Makmur Sejahtera yang digeluti Ika Yuanita tersebut terus melakukan inovasi untuk memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan produknya.

Lebih lanjut, wanita asal Semarang, Jawa Tengah itu juga mampu memasarkan produknya hingga ke Jepang.

Ika mengakui, tahu bakso dan sale pisang merupakan produk buatannya yang paling banyak diminati. Tahu bakso olahan Kingkaf ini mampu bertahan hingga delapan bulan dalam suhu ruang karena dikemas dengan menggunakan teknologi modern.

Baca Juga :   Komisi IX Minta BPOM Pastikan Produk Pangan Tidak Beracun

“Kingkaf melihat peluang dari orang-orang Indonesia yang sangat menyukai cemilan. Para diaspora Indonesia di luar negeri pasti tidak mudah untuk menemukan cemilan yang familiar di lidah mereka. Betul saja, cemilan tahu bakso dan sale pisang menjadi makanan yang disukai para diaspora, terutama di Amerika Serikat dan Australia,” ungkap Ika saat ditemui di sela pameran pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan, di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/02/2024).

Ika menyatakan, sale pisang Kingkaf diperoleh dari petani pisang di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pisang yang digunakan tidak pernah dibeli dari penjual, tapi langsung dari petani sehingga dalam kondisi matang yang sesuai. Pisang yang digunakan juga pisang khusus, yaitu pisang silangan yang memiliki tekstur lebih kenyal.

Baca Juga :   Menkop UKM Ungkapkan Pengembangan UMKM Harus Adaptif Dan Berkelanjutan

“Berbagai produk Kingkaf akhirnya bisa merambah pasar internasional. Mulai dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Singapura. Kingkaf memanfaatkan penjual ulang yang ada di negara-negara tersebut untuk memasarkan produknya. Khusus untuk pasar Amerika Serikat, Kingkaf rutin mengirim produk tahu bakso dan sale pisang setiap bulan. Kingkaf juga memiliki toko di Brisbane, Australia untuk membantu merambah pasar di negeri kanguru tersebut,” ujar Ika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.