Palembang dan Papua Bakal Punya Pabrik Pupuk Baru, Produksi 1 Juta Ton

oleh -11 views
Proses pendistribusian pupuk di Gudang Pupuk Penyangga (GPP) Pati, Jateng (Panennews.com/Ahmad Muharror)
Proses pendistribusian pupuk di Gudang Pupuk Penyangga (GPP) Pati, Jateng (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Dua pabrik pupuk baru bakal dibangun. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian di penjuru Nusantara, khususnya untuk memudahkan petani mengakses pupuk dan menghindarkan terjadinya kelangkaan.

Direktur Produksi Pupuk Indonesia, Bob Indiarto mengamini, dua pabrik pupuk akan dibangun di dua lokasi yang berbeda, yakni di Palembang dan Papua.

“Kita ada dua pabrik sekarang akan bangun baru, yang pertama pabrik yang ada di Palembang, Pusri Palembang,” ujarnya kepada panennews.com, saat mengunjungi Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, belum lama ini.

Baca Juga :   Indef Minta Kebijakan Importasi Berpihak Pada Petani

Dijelaskan, pabrik pupuk yang berada di Palembang dinamai Pusri 2B Palembang. Pabrik baru ini untuk menggantikan pabrik lawas yang sudah kurang optimal produksinya.

“Itu untuk menggantikan dua pabrik yang usianya sudah tua sekali, sehingga efisiensinya sudah tidak bagus, yang nantinya kita namai Pusri 2B untuk menggantikan Pusri 3 dan Pusri 4 yang usianya sudah lebih 40 tahun,” jelasnya.

Sementara untuk pabrik pupuk yang dibangun di Papua, direncanakan memproduksi dua jenis pupuk sekaligus.

“Kemudian yang ada di Papua, ini juga sedang kita rencanakan untuk dibangun di Papua untuk Urea dan Amonia, mohon doanya saja agar lancar,” terangnya.

Baca Juga :   Tercemar Limbah Sisa Pemotongan Hewan, Saluran Irigasi Subak di Denpasar Dibersihkan

Dibeberkan, pabrik itu bisa memproduksi pupuk sebanyak 1.100.000 ton pupuk dalam kurun setahun. Sehingga sektor pertanian bisa maksimal tersokong.

“Produksi pabrik bisa 1 jutaan setahun. Sedangkan untuk (pabrik pupuk) Jawa Tengah masih kita rencanakan. Doakan saja,” ucap Bob Indiarto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.