Kelompok Tani Di Jakarta Utara, Panen 21 Kilogram Melon Golden

oleh -7 views
Melon
Foto : Getty Images

Panennews.com – Kelompok Tani (Poktan) Nusa Indah di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, panen lebih dari 21 kilogram Melon Golden Alisha.

Adapun panen melon ini dilakukan secara umum pada lahan terbuka urban farming, Minggu (05/02/2024).

Wakil Ketua Poktan Nusa Indah, Weni Yartimah mengatakan, melon yang dipanen ini telah dibudidayakan selama 75 hari di atas lahan seluas 150 meter persegi. Ini merupakan panen kali keempat yang dilakukan kelompoknya.

“Panen Melon ke empat ini kami jual ke Ibu Camat, Bapak Lurah, Satpel KPKP, dan warga dengan kisaran Rp 25 ribu per kilogram,” ujar Weni.

Baca Juga :   Pemerintah Tegaskan Kerja Sama Negara Penghasil Sawit

Selain itu, Ia juga menjelaskan awal menyemai bibit melon sebanyak 50 polybag, tetapi yang berhasil berbuah 30 pohon. Menurutnya, kendala yang dihadapi dalam budidaya melon umumnya terletak pada penanganan hama dan penyakit.

“Kita menyemai bibit melon ini sebanyak 50 polybag, namun tidak semuanya berhasil. Melainkan ada beberapa kendala yang kerap kami hadapi, diantaranya yaitu penanganan dan pencegahan hama atau pun penyakit” lanjutnya.

Lebih jauh, Weni juga mengatakan pihaknya juga akan menanam sayuran semacam terong, pare, hingga cabai pada lahan tersebut.

Baca Juga :   Panen Raya Varietas Tembakau Di Bandung, Bikin Petani Sejahtera

“Tidak hanya Melon, kami juga menanam Terong, Pare, Cabai, bahkan sayur Kangkung, Bayam, Pakcoy, dan Sawi,” tukasnya .

Sementara itu, Satpel Sudin KPKP Kecamatan Cilincing, Suharti mengaku Poktan Nusa Indah salah satu binaan Sudin KPKK Jakarta Utara. Ia mengapresiasi para anggota Poktan yang aktif untuk kegiatan urban farming.

“Sudah saatnya masyarakat, terutama anak, dikenalkan buah-buahan dan sayur sayuran,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.