Jakarta Timur Tanam 3000 Bibit Cabai Di Lahan Urban Farming

oleh -12 views
Cabai
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, memimpin penanaman 3.000 bibit cabai dan 10 ribu benih ikan Nila di Markas Brigif 1 Jaya Cakti, Kalisari, Pasar Rebo, Sabtu (17/02/2024).

Dalam giat ini, Anwar didampingi Ketua TP PKK Jaktim Diah Anwar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Suharini Eliawati, Komandan Brigif 1 Jaya Cakti, Kolonel Infantri Dwison Eviyanto dan 10 perwakilan Abang None Jakarta Timur.

Anwar mengatakan, penanaman cabai dan penebaran benih ikan ini merupakan salah satu program ketahanan pangan yang diusung Pemprov Jakarta.

Penanaman cabai dan kolam gizi ini, jelas Anwar, berada di atas tanah kosong seluas 3.000 meter persegi yang diolah bersama warga, kader PKK dan anggota TNi sebagai lahan urban farming.

Baca Juga :   Perdana, Sulbar Ekspor 38 Ribu Ton Bungkil Sawit Ke Thailand

“Warga komplek Brigif ini juga ternyata sangat antusias dalam program urban farming. Penanaman cabai dan ikan Nila ini hasilnya dapat dinikmati jelang Ramadan maupun Idul Fitri,” papar Anwar.

Komandan Brigif 1 Jaya Cakti, Kolonel Inf Dwison Eviyanto menambahkan, program urban farming ini memang sudah diinstruksikan pimpinan di jajaran Kodam Jaya. Kebetulan di Brigif 1 Jaya Cakti ini ada lahan yang luas dan belum dimanfaatkan.

“Kita kerja sama dengan Pemprov Jakarta untuk urban farming lengkap dengan kolam gizinya,” papar Kolonel Dwison.

Dwison mengungkapkan, pengadaan bibit tanaman dan benih ikan serta pupuk didukung oleh Kodam Jaya.

Baca Juga :   Kementan Cegah Serangan Hama Tikus Tanaman Tebu Di Majalengka

Sementara, Kepala Dinas KPKP DKI, Suharini Eliawati menjelaskan, ini merupakan tindak lanjut dari sinergisitas yang telah dijalin Pj Gubernur Jakarta dengan Kodam jaya pada 5 Januari lalu di Jakarta Utara.

Menurut Eli, pihaknya akan membuatkan green house di area Brigif 1 Jaya Cakti ini. Namun sebelumnya harus ada kelompok tani (Poktan) terlebih dulu. Karena Poktan inilah nantinya yang mengelola urban farming dengan dukungan dari CSR. Seperti Bank Indonesia atau PT PLN dan lainnya.

“Tahun ini Pj Gubernur menargetkan ada 4 juta bibit cabai yang harus ditanam di masyarakat bersama dengan dengan kader PKK,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.