Festival Durian 2024 Di Pasuruan, Dipadati Ratusan Pengunjung

oleh -14 views
Ilustrasi Buah Durian
Ilustrasi Buah Durian - Foto : Freepik

Panennews.com – Upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan nilai jual dan branding Durian lokal berhasil memikat hati masyarakat.

Khususnya para pecinta buah tropis bercitarasa manis legit yang banyak dibudidayakan di beberapa wilayah Kabupaten Pasuruan tersebut.

Setidaknya, hal itu terlihat di hari pertama gelaran Festival Durian 2024 yang pagi tadi, Senin (19/02/2024) dibuka oleh Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto bersama Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Luhur Ngudi Setyaningrum Andriyanto dan jajaran Forkopimda.

Ratusan pengunjung lintas generasi tampak menyemut di Aula Bangil Kota Bordir (BANGKODIR) sedari pagi. Setelah puas mengitari stan Durian yang didatangkan langsung dari petani Durian asal Kecamatan Lumbang, Puspo, Tutur, Purwodadi, Purwosari, Pasrepan dan Prigen, mereka membawa pulang beberapa buah Durian pilihannya.

Diataranya ada si Kasmin, Ampelsari, Mi;an, Bajul Dawuk, Krai, Juwet Sentono, Laron, Djeliteng, Gentong, Rupik dan jenis Durian berkualitas lainnya.

Baca Juga :   Tekan Inflasi, BI dan Pemprov NTB Panen Cabai Organik

Tentunya, laris-manisnya bermacam produk Durian lokal unggulan Kabupaten Pasuruan itu membuat para petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang mendampinginya-pun tersenyum riang. Seperti testimoni dari Irul, petani Durian dari Kecamatan Puspo yang datang bersama kedua rekannya sesama petani Durian, Kusnalim dan Untung.

Dengan wajah sumringah, ia menceritakan, omzet hasil penjualan yang dikantonginya hingga sore tadi tembus di atas nominal Rp 8 Juta. Seraya berharap, selama 6 hari ke depan pelaksanaan event eksibisi produk hortikultura yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan tersebut, Durian yang dijualnya akan semakin banyak peminatnya.

“Alhamdulillah hasil penjualan sampai jam 5 sore tadi, kami dapat sekitar Rp 9 Juta. Setiap harinya stan kami buka stan sampai malam. Ada Durian Toyo dan Aulia yang siap diborong pengunjung. Soal rasa dan kualitas, dijamin puas dengan harga bersahabat,” tuturnya.

Baca Juga :   Ini Komoditi Ekspor Hasil Pertanian Perkebunan NTB

Sementara itu, pada saat meninjau stan Durian dari Kecamatan Puspo, pria berkacamata yang merupakan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Jawa Timur tersebut berkesempatan berdialog dengan Irul bersama kedua rekannya.

Sembari menanyakan harga setiap buah Durian yang di display di meja stannya. Berikut, memberikan motivasinya agar terus meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen setiap tahunnya.

“Melalui bazaar, pertemuan business to business, pertemuan antar pembeli dan penjual dalam kegiatan ini, bentuk fasilitasi Pemerintah Daerah kepada petani Durian untuk memperluas jaringan pemasaran. Sehingga musim panen raya menjadi momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan,” tandasnya dengan nada optimis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.