Fakta Menarik Kapiat, Jenis Ikan Hias Si Pemakan Kutu

oleh -25 views
Tinfoil barb (Barbonymus schwanenfeldii). Wildlife animal.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Keberadaan jenis ikan kapiat memang sudah terlanjur populer pada kalangan pecinta ikan hias. Pasalnya, jenis ikan hias ini memiliki tampilan unik dengan warna yang menarik.

Oleh karena tampilannya unik, ikan kapiat tentu memiliki fakta-fakta menarik yang jarang sekali orang mengetahuinya. Adapun fakta menarik dari ikan kapiat antara lain.

Mirip Ikan Mas

Spesies ikan tersebut pada ciri hingga bentuknya cenderung memiliki kemiripan terhadap ikan mas, sehingga ini jadi fakta menarik dari ikan kapiat. Tak hanya mirip pada bentuk tubuhnya, spesies ikan kapiat ini pun memiliki corak hingga warna yang tentunya juga sangat mirip dengan ikan populer yaitu ikan mas. Hal ini jarang sekali orang mengetahuinya.

Baca Juga :   Pembudidaya Ikan Lele di Jepara Didorong Lebih Kreatif

Punya Banyak Nama

Di Indonesia sendiri, spesies ikan kapiat memiliki banyak nama. Biasanya nama ikan tersebut berbeda pada setiap wilayah, adapun pada daerah Pulau Jawa ikan ini kerap bernama lampak Jawa. Sedangkan pada Pulau Kalimantan ikan ini biasanya memiliki nama tengadak. Selain itu, di wilayah Pulau Sumatera juga terkenal dengan sebutan ikan kapiek. Dengan begitu, ini merupakan salah satu fakta menarik ikan kapiat.

Spesies Pemakan Kutu

Kebanyakan ikan yang kita ketahui, biasanya kerap mengkonsumsi berbagai jenis pakan alami seperti cacing hingga jenis pakan alami lainnya. Namun hal itu tidak berlaku bagi ikan kapiat, jenis ikan kapiat ini kerap menyukai dan menyantap berbagai jenis kutu. Dengan demikian, ini jadi fakta menarik dari ikan kapiat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.