Biofortifikasi Beras, Jadi Inovasi Perbaiki Mutu Gizi Masyarakat

oleh -22 views
ilustrasi beras
Ilustrasi Beras - Foto : Dok. Istock

Panennews.com – Promosi Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) merupakan salah satu program dari Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasonal/National Food Agency (NFA).

Hal ini diungkapkan Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal saat menerima audiensi dari Mozaik Karsa di Kantor NFA pada Rabu (07/02/2024).

“Penerapan pola konsumsi pangan B2SA adalah dalam rangka peningkatan kualitas konsumsi masyarakat agar hidup sehat, aktif dan produktif. Meskipun demikian kita masih menghadapi masalah defisiensi zat gizi mikro karena pola konsumsi yang belum B2SA. Oleh karena itu untuk pemenuhan kebutuhan zat gizi mikro tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi beras biofortifikasi,” ujar Rinna.

Baca Juga :   Habibi Garden, Sebuah Startup Irigasi Pertanian Modern Buatan Anak Negeri

Biofortifikasi beras menjadi penting sebagai salah satu inovasi dalam memperbaiki mutu gizi beras melalui peningkatan kandungan zat gizi atau mikronutrien. Dengan kata lain kandungan gizi beras biofortifikasi lebih tinggi dibanding beras biasa.

“Beras biofortifikasi cocok untuk dikonsumsi oleh masyarakat dengan daya beli yang rendah terhadap makanan sehat, sehingga diharapkan dapat meninggakatkan konsumsi mikronutrien dimana defisiensi mikronutrien merupakan salah satu dari tiga masalah malnutrisi di Indonesia,” tambah Rinna.

Lebih jauh, biofortifikasi beras ini juga bagian dari penerapan teknologi untuk mendorong ketahanan pangan konsumsi masyarakat. Terlebih, ini juga mampu mewujudkan masyarakat tetap hidup sehat dengan kandungan mutu gizi beras tersebut.

Baca Juga :   KKP Luncurkan Diva Tuna Untuk Transparansi Data Kapal Penangkap Tuna,

“Ini merupakan bagian dari teknologi ketahanan pangan, adapun manfaatnya begitu luas bagi masyarakat. Mulai dari kandungan gizi hingga bermanfaat bagi kesehatan masyarakat” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.