BI NTB Lakukan Strategi 4K Kendalikan Inflasi

oleh -12 views
cabai_keriting_merah
Foto : Panen News

Panennews.com – Bank Indonesia (BI) NTB telah menyiapkan sejumlah langkah konkret untuk pengendalian inflasi  NTB tahun 2024.

Langkah ini mulai dari peningkatan produktivitas, perluasan klaster pangan, operasi pasar, hingga optimalisasi dana BTT (Belanja Tidak Terduga)

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Winda Putri Listya mengatakan, pengendalian inflasi pada 2024 ini tetap dilakukan melalui strategi 4K.

Yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.

Untuk keterjangkauan harga, BI NTB bersama Disdag Kota Mataram, dan Bulog NTB membuka Kios Bersama, lokasinya di Pasar Kebon Roek, Ampenan.

Baca Juga :   Hadapi Potensi Krisis, ASEAN Deklarasikan Perkuat Ketahanan Pangan

Masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

BI juga akan mengintensifkan Operasi Pasar dan Stabilisasi Harga (OPSH) untuk komoditas strategis ketahanan pangan. Prioritasnya digelar di pasar tradisional utama.

”Subsidi ongkos angkut diperluas, salah satunya untuk memfasilitasi ongkos angkut pelaksanaan Operasi Pasar Murah (OPM)” tandasnya.

Pihaknya juga melakukan monitoring dan sidak secara berkala terhadap harga komoditas strategis. Terutama seperti beras, telur ayam ras, aneka cabai, dan lainnya.

Terutama menjelang periode peak season (HBKN, periode libur). BI juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar mengadvokasi kestabilan harga angkutan udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.