Agar Bersaing, Wamendag Dorong UMKM Minasaha Melek Teknologi

oleh -17 views
DkyCjsdvvHREhIRn0QKCgzsBXTA4BM0S7LC1WHyi
Foto : Dok. Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga terus berupaya mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa.

Adapun dorongan tersebut untuk adaptif dan melek terhadap perkembangan teknologi. Dengan melek teknologi, para pelaku UMKMdi Kabupaten Minahasa diharapkan dapat memperluas cakupan promosi produk mereka dan dapat bersaing, baik di pasar lokal maupun global.

Hal tersebut disampaikan Wamendag Jerry saat menghadiri Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Manado dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (15/02/2024).

Turut hadir Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Krisna Arizadan Doni Yusri Dosen Manajemen Industri Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB). Sosialisasi ini dihadiri 200 peserta yang terdiri dari pelaku usaha dan masyarakat di Kabupaten Minahasa.

Baca Juga :   BI Memperkirakan Kinerja Penjualan Eceran Bali Terus Meningkat

“Kementerian Perdagangan mendorong para pelaku UMKM di Kabupaten Minahasa dan Manado melek teknologi, adaptif, dan melakukan inovasi penjualan. Kami juga berharap para pelaku usaha dapat mengoptimalkan pemanfaatan perwakilan perdagangan RI yang terdiri dari para Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) yang tersebar di seluruh dunia untuk mempromosikan dan menggenjot ekspor produk Indonesia,” ujar Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menekankan, berbagai programKementerian Perdagangan dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM. Contohnya, kegiatan pembinaan, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas produk, kapasitas sumber daya manusia, kapasitas bisnis, dan perluasan akses pemasaran.

Baca Juga :   Raih Penghargaan APE 2020, Kementan Harap Peran Petani Perempuan Lebih Besar

Wamendag Jerry menyatakan, pengembangan produk Indonesia merupakansalah satuprioritas pemerintah pusat dan daerah.Pemerintah sebagai regulator harus menjadi contoh dan teladan dalam penggunaan produk dalam negeri.

Saat ini, saya memakaikemeja batik buatan lokal. Bahkan, kemeja batik ini dibuat di KabupatenMinahasa dengan motif Sulawesi Utara. Pemerintah sebagai regulator harus memberikan contoh dan teladan dalam penggunaan produk dalam negeri. Tidak hanya mencintai, tapi juga membeli, memakai, dan mengonsumsi.

Wamendag Jerry menambahkan, UMKM menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia pada situasi pandemi Covid-19 dalamtigatahun terakhir. Dari sisi ekspor, lebih dari 75 persen eksportir merupakan UMKM. Namun, kontribusinya baru mencapai empat persenterhadap total nilai ekspor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.