Waspadai, Deretan Hama Ini Kerap Menyerang Ikan Patin Budidaya

oleh -5 views
Kolam Pada Budidaya Ikan Patin
Kolam Pada Budidaya Ikan Patin - Foto : IG/@kolamsumberrezeki

Panennews.com – Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan dengan daya konsumsinya tertinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, banyak dari kalangan pembudidaya tengah membudidayakan ikan tersebut.

Dalam budidaya patin, ada beberapa hama yang menyerang ikan tersebut. Dampaknya, bisa menyebabkan kematian hingga gagal panen. Oleh karena itu, jenis hama tersebut wajib kita waspadai. Adapun jenis-jenis hama yang kerap menyerang patin antara lain.

Bintik Putih

Hampir seluruh ikan budidaya kerap terserang bintik putih, termasuk juga ikan patin. Bintik putih itu sendiri merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian tubuh hingga insang ikan, penyakit ini amat sangat berbahaya. Pasalnya, bintik putih dapat menganggu produktivitas ikan sehingga bisa menyebabkan gagal panen. Oleh karena itu, ini patut kita waspadai agar patin tidak terserang oleh hama atau pun penyakit ini.

Baca Juga :   Ikan Sidat, Ikan Air Tawar Mirip Belut

Keracunan

Pemberian pakan yang salah, bisa jadi salah satu penyebab ikan terserang keracunan. Meski sepele, namun keracunan tersebut bisa menyebabkan kematian. Selain itu, keracunan ini juga bisa kehilangan produktivitas hingga menyebabkan gagal panen. Oleh sebab itu, kita harus mewaspadai agar ikan patin tidak keracunan dengan pemberian pakan yang tepat.

Aeromonas

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang sering menyering ikan patin. Biasanya penyakit tersebut dapat menyerang bagian anus dan juga sirip, dampak hingga gejala penyakit atau hama ini yaitu bisa menganggu saluran pencernaan ikan. Selain itu, terjadi juga infeksi pada pernafasan ikan. Oleh sebab itu, ini harus kita waspadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.