Tanam Bibit Mangrove Di Cilacap, Upaya Jaga Ekosistem Dan Lingkungan

oleh -18 views
ilustrasi mangrove
Ilustrasi Hutan Mangrove - Foto : Pexels

Panennews.com – Sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup terlebih dan pada khususnya ekosistem mangrove.

Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Provinsi Jawa Tengah dan sejumlah stakeholder melakukan penanaman mangrove di Dusun Lempong Desa Ujung Alang Kecamatan Kampunglaut, Rabu (03/01/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Awaluddin Muuri berharap kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat dalam mendukung keberlangsungan hidup ekosistem laut. Ia menjelaskan, hutan mangrove di Kabupaten Cilacap merupakan ekosistem mangrove terluas di Jawa Tengah.

“Berdasarkan Peta Mangrove Nasional, luas mangrove di Kabupaten Cilacap seluas 8.914 Ha dan memiliki tingkat keanekaragaman hayati tinggi dengan 50 jenis mangrove,” kata Awaluddin.

Baca Juga :   Agar Baik Produktivitasnya, Ketahui Ciri Bibit Kopi Robusta Unggulan

Namun demikian, upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem mangrove ini, tidak dapat dilaksanakan hanya oleh Pemerintah semata, melainkan dibutuhkan keterlibatan dan kerjasama semua pihak.

Lebih lanjut, kepedulian dan rasa cinta lingkungan harus mulai ditanamkan sejak dini, oleh karena itu kegiatan ini turut melibatkan murid dari SMP Negeri 2 Kampung Laut.

“Harapanya pada saat siswa telah beranjak dewasa, akan lebih peduli pada ekosistem mangrove yang ada di sekitar tempat tinggal,” ujar Awaluddin.

Awaluddin menambahkan, sejauh ini pihaknya telah bekerjasama dengan instansi terkait di antaranya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Perum Perhutani KPH Banyumas Barat, dunia usaha, dan masyarakat dalam upaya rehabilitasi mangrove.

Baca Juga :   Teksturnya Halus, Kayu Sonokeling Bisa Dibentuk Jadi Ini

“Oleh karena itu, saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Sumbergas Sakti Prima yang telah bekerjasama dalam kegiatan rehabilitasi mangrove di Dusun Lempong Pucung dan Nusa Bagian Desa Ujung Alang seluas 6,4 Ha, serta mengikutsertakan kelompok pelestari mangrove Pemuda Konservasi di Kecamatan Kampung Laut,” pungkas Awaluddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.