Mengenal Pilea, Tanaman Hias Indah Dengan Bentuk Daun Yang Bulat

oleh -10 views
-1263431303-612x612
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pilea merupakan salah satu jenis tanaman hias iklim tropis yang mempunyai bentuk cukup indah. Biasanya jenis tanaman tersebut mudah tumbuh pada media tanam apa saja.

Tanaman hias ini mempunyai nama Ilmiah Pilea Peperomioides yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Urticaceae. Spesies pilea ini memiliki banyak jenisnya hingga mencapai 600 – 715 spesies yang berbeda.

Secara morfologi, tanaman hias pilea memiliki ukuran keseluruhan yang cenderung kecil. Lazimnya, jenis tanaman tersebut mempunyai ukuran menyeluruh berkisar antara 15 – 30 cm. Sedangkan lebar tanaman ini bisa mencapai kisaran antara 10 cm.

Baca Juga :   Buah Merah, Buah Endemik Papua Kaya Antioksidan

Lebih lanjut, habitat asli tanaman ini biasanya terdapat pada hutan-hutan maupun semak belukar. Meski begitu, jenis tanaman pilea yang berguna sebagai tanaman hias ini dapat di budidayakan pada media tanam atau pun jenis-jenis tanah apa saja. Pasalnya, jenis tanaman ini cepat mudah tumbuh dan perawatannya pun cukup gampang.

Selain itu, pilea yang memiliki bentuk kecil ini juga terdapat batang dengan tekstur lumayan keras dan memiliki warna hijau cenderung terang. Biasanya batang tersebut dilengkapi dengan jumlah ranting yang banyak, adapun rantingnya ini kerap tumbuh daun yang secara beraturan.

Baca Juga :   Cara Mudah Merawat Tanaman Ekor Kucing Cocok Untuk Pemula

Sementara itu, daun dari tanaman pilea ini memiliki karakteristik dengan bentuk yang cenderung bulat serta ukurannya melebar. Daun ini mempunyai ukuran panjang berkisar antara 10 cm, sedangkan lebar daun ini biasanya hingga mencapai kisaran antara 5 cm.

Lebih jauh, warna daun ini pada masa pertumbuhan barunya biasanya memiliki warna yang hijau cenderung pekat dengan tekstur agak kasar. Meski begitu, tampilan warna hijau dan bentuk daunnya bulat menjadikan tanaman hias pilea ini cukup indah jika dipandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.