Bantuan Benih Kerapu, Dongkrak Produksi Pembudidaya Di Kepulauan Seribu

oleh -7 views
Ikan Kerapu Cantang 1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Pembudidaya ikan di Kabupaten Kepulauan Seribu merasa sangat senang dan bersyukur dengan diberikannya bantuan benih Kerapu Cantang.

Adapun bantuan benih kerapu tersebut berasal dari Baznas Bazis DKI Jakarta bersama Yayasan Baitil Maal (YBM) Brilian. Bantuan tersebut diberikan melalui program Pengembangan Budidaya Ikan Laut Konsumsi.

Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Keramba Apung Tidung Mandiri, Kelurahan Pulau Tidung, Idham, mengucapkan terima kasih dan sangat bersyukur atas bantuan 3000 benih ikan yang memang sangat dibutuhkan.

“Tentunya bantuan ini dapat memperbaiki kualitas produksi ikan sekaligus dapat memacu pembudidaya perikanan lebih berkembang pesat lagi. Kami akan memanfaatkan bantuan benih ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya, Rabu (24/01/2024).

Baca Juga :   Ratusan Kolam Sentra Budidaya Lele, Penuhi Kebutuhan Ikan Lele Di Gunung Kidul

Selain itu, Ia juga mengharapkan bantuan ini dapat terus diberikan secara berkelanjutan karena nyata memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian atau kesejahteraan pembudidaya ikan dan keluarganya.

“Sejauh ini tidak ada kendala, hasil panen ikan ini sangat baik. Kami para anggota juga akan terus memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan ikan Kerapu Cantang ini,” terangnya.

Lebih lanjut, Ketua Pokdakan Kerapu Cantik, Kelurahan Pulau Panggang, M Fadil. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu meminimalisir pengeluaran anggota Pokdakan. Sebab, harga benih ikan Kerapu Cantang saat ini bisa mencapai Rp 100 ribu per kilogram.

“Semoga bantuan ini dapat menjadi langkah menyejahterakan warga di Kepulauan Seribu. Bahkan, dapat memberi motivasi kepada pembudidaya ikan yang tidak aktif untuk kembali aktif,” ungkapnya.

Baca Juga :   Cocok Untuk Diet, 3 Jenis Ikan Konsumsi Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Sementara itu, Penyuluh Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Fauzi Rahman menuturkan, melalui bantuan tersebut, anggota Pokdakan semakin semangat dan aktif.

“Bantuan ini juga pernah diberikan pada November lalu. Semoga bantuan yang didistribusikan secara bertahap ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan warga,” bebernya.

Ia menambahkan, pendampingan kepada Pokdakan akan terus diberikan agar hasil panen ikan nantinya bisa maksimal.

“Benih ikan kerapu cantang ini memiliki ukuran 10 sentimeter. Kami akan ikut bersama-sama melakukan monitoring pertumbuhan ikan ini,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.